Rusia Lepas Rencana Bursa Kripto Nasional, Fokus Pada Regulasi Bursa

Rusia Lepas Rencana Bursa Kripto Nasional, Fokus Pada Regulasi Bursa

Meski sempat diwartakan sedang mengerjakan bursa kripto nasional, Rusia ternyata membatalkan rencana tersebut. 

Kini, negara tersebut lebih memfokuskan diri pada regulasi yang mengendalikan operasi bursa, menurut Anatoly Aksakov, kepala komite pasar keuangan Duma Negara. Langkah ini diambil di tengah pendapat berbeda antara Kementerian Keuangan dan Bank Sentral Rusia.

Kontribusi Bursa Kripto bagi Ekonomi Rusia

Menurut pernyataan Aksakov, bursa telah berkontribusi pada ekonomi Rusia dengan memfasilitasi transaksi lintas batas untuk bisnis. 

Diketahui, pembayaran kripto senilai $10 miliar diproses setiap tahunnya. Namun, pembatasan mungkin terjadi dengan diperkenalkannya regulasi baru. 

Baca Juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Aksakov menambahkan, regulasi ini akan membuka peluang menarik untuk organisasi baru. Kementerian Keuangan juga sepakat atas perlunya pedoman komprehensif untuk mengendalikan operasi bursa di tengah adopsi kripto di Rusia.

Bursa Kripto Dapat Dilisensikan dan Dikendalikan

Rusia buat sistem CBDC
Sumber: Freepik

Menurut Ivan Gostev, direktur komersial GIS Mining, regulasi tidak akan menghambat pertumbuhan karena beberapa negara telah berhasil menerapkan undang-undang sambil memberikan kebebasan bagi perusahaan untuk beroperasi. 

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Buru-Buru Adopsi CBDC di Tengah Hukuman Perang

Menurutnya, platform dapat dilisensikan dan dikendalikan dalam hal pelaporan keuangan dan anti pencucian uang. Regulasi ini diharapkan secepatnya pada tahun 2024.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: