Wow! Rusia Bangun Pembangkit Listrik Baru untuk Dukung Penambangan Bitcoin!

Wow! Rusia Bangun Pembangkit Listrik Baru untuk Dukung Penambangan Bitcoin!

Menteri energi Rusia mengaku bahwa meningkatnya konsumsi listrik di sektor penambangan crypto memerlukan pembangunan fasilitas pembangkit listrik baru di Siberia.

Permintaan listrik ini juga terus meningkat di daerah pemukiman tak lama setelah otoritas regional membatalkan proposal kenaikan tarif listrik bagi orang Rusia yang mencetak koin digital di rumah mereka.

Lalu bagaimana rencana pembangunan pembangkit listrik yang baru ini memengaruhi industri crypto? Simak informasinya seperti dilansir laman Bitcoin.com berikut ini.

Otoritas Rusia Pertimbangkan Infrastruktur Energi Baru untuk Mendukung Pertambangan Crypto

Otoritas Rusia Pertimbangkan Infrastruktur Energi Baru untuk Mendukung Pertambangan Crypto
Bloomberg.com

Menteri energi Rusia Nikolay Shulginov mengatakan bahwa peningkatan permintaan listrik dari para penambang cryptocurrency terjadi di beberapa bagian Siberia. Siberia merupakan salah satu kota di Rusia yang dikenal dengan perkembangan pertambangan Bitcoin yang pesat.

Shulginov tidak mengungkapkan rencana spesifik mengenai pembangunan pembangkit listrik yang baru tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa otoritas Rusia di wilayah ini sedang mempertimbangkan pengembangan jaringan energi yang digunakan oleh perusahaan pertambangan crypto dan pembangunan lebih banyak lagi pembangkit listrik.

Dia juga mengatakan bahwa konsumsi listrik penduduk yang meningkat terkadang menyebabkan kerusakan pada jaringan distribusi.

Kota Irkutsk Mempertahankan Tarif Listrik Rendah untuk Penambang Crypto

Kota Irkutsk Mempertahankan Tarif Listrik Rendah untuk Penambang Crypto
The Telegraph

Penambangan crypto telah berkembang pesat di Rusia selama beberapa tahun belakangan ini. Rusia faktanya dikenal memiliki sumber daya energi murah yang melimpah dan iklim yang sejuk. Kondisi ini dinilai sempurna bagi warga Rusia yang tertarik untuk menambang crypto.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Oktober 2022, pendapatan penambangan Bitcoin di Rusia tumbuh sebanyak 18 kali lipat dalam 4 tahun terakhir. Kota lainnya selain Siberia yang dikenal dengan pertambangan crypto di Rusia adalah Kota Irkuts. Irkutsk bahkan dijuluki sebagai ibukota pertambangan Rusia yang menawarkan tarif listrik terendah di negara tersebut.

Baca Juga: Putin Dukung Pembayaran Berbasis Blockchain, Alasannya Tak Terduga?

Bentuk dukungan Rusia terhadap pertambangan crypto tak hanya dibuktikan dengan pemberlakuan tarif listrik yang rendah. Pada tanggal 17 November 2022 yang lalu, RUU baru diperkenalkan di Majelis Federal Rusia, yang juga dikenal sebagai Duma Negara.

RUU ini berupaya untuk melegalkan operasi penambangan crypto dan penjualan cryptocurrency yang ditambang di platform luar negeri. Kira-kira apa RUU yang diusulkan oleh Rusia terkait cryptocurrency? Simak berita selengkapnya mengenai Rusia Beri Sinyal Positif Crypto Dengan Usulkan RUU Baru di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: