“Runes”: Inovasi yang Membawa Penciptaan Altcoin ke Blockchain Bitcoin

“Runes”: Inovasi yang Membawa Penciptaan Altcoin ke Blockchain Bitcoin

Jakarta, Pintu News –  Dengan mendekati halving Bitcoin, muncul sebuah inovasi yang bisa mengubah lanskap crypto: protokol Runes, yang akan aktif sesaat setelah Bitcoin selesai melakukan halving. Protokol ini mengizinkan penciptaan altcoin langsung di atas blockchain Bitcoin, sebuah fitur yang sebelumnya hanya tersedia di jaringan seperti Ethereum dan Solana. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proyek Runes: Peningkatan dari Ordinals

airdrop nft runestone
Sumber: NFT Plazas

Protokol Runes diharapkan membawa revolusi dengan memperkenalkan sistem token yang lebih luas menggunakan output transaksi Bitcoin yang belum terpakai (UTXOs). Fungsionalitas baru ini menjanjikan peningkatan signifikan atas protokol BRC-20, memberikan fleksibilitas lebih dalam pembuatan dan perdagangan berbagai token baru.

Bitcoin entrepreneur, Dan Held, menggambarkan metode Runes sebagai “peningkatan sederhana yang ketat” dari BRC-20. Runes tidak hanya memperluas kapabilitas, tetapi juga operasi dalam Runes tidak meninggalkan UTXO yang tidak terpakai, yang menurut Held bisa memperbaiki secara umum performa jaringan Bitcoin.

Baca Juga: Runes: Solusi Baru dari Casey Rodarmor untuk Tantangan Standar Token BRC-20

Antusiasme dan Kenaikan Biaya Transaksi

Dampak langsung dari peluncuran Runes sudah terlihat dengan peningkatan biaya transaksi di jaringan Bitcoin. Biaya transaksi telah melonjak lebih dari 45% hanya dalam satu hari dan menakjubkan 892,7% dibandingkan tahun lalu. Kenaikan ini menandakan antusiasme besar sekitar protokol baru dan aktivitas yang meningkat di jaringan.

Namun, Rodarmor, pengembang di balik Runes, telah menyatakan bahwa pasar mungkin lebih tertarik pada spekulasi daripada peningkatan teknis, yang dapat memengaruhi jangka panjang dari adopsi protokol ini. Protokol ini juga diperkirakan akan menimbulkan perubahan budaya besar di dalam ekosistem Bitcoin yang tradisionalnya lebih fokus pada satu mata uang.

Baca Juga: Proyek Runestone Siap Gelar Airdrop Bitcoin NFT Terbesar, Sejarah Baru Terukir!

Kekhawatiran Tentang Keberlanjutan Minat

Meskipun ada antusiasme awal yang mirip dengan boom NFT, analis memperingatkan tentang keberlanjutan minat dan nilai dari token Runes. Ignas, peneliti DeFi, mengkhawatirkan bahwa peluang investasi nyata hanya akan muncul setelah hype awal mereda. Kemungkinan banyaknya token Rune yang diperkenalkan bisa mengencerkan perhatian dan investasi per token, menyebabkan nilai mereka cepat menurun.

Kesimpulan

Runes mewakili langkah besar berikutnya dalam evolusi Bitcoin, memberikan kesempatan untuk penciptaan dan perdagangan altcoin yang efisien di blockchain yang paling dominan. Meskipun menyajikan peluang besar, masyarakat crypto harus tetap waspada terhadap risiko spekulatif dan potensi dampak jangka panjang dari peningkatan jumlah token di jaringan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: