Runes: Solusi Baru dari Casey Rodarmor untuk Tantangan Standar Token BRC-20

Runes: Solusi Baru dari Casey Rodarmor untuk Tantangan Standar Token BRC-20

Casey Rodarmor, otak di balik Bitcoin Ordinals, baru-baru ini mengusulkan protokol token fungible berbasis Bitcoin yang dikenal sebagai “Runes”.

Dengan tantangan yang terkait dengan standar token BRC-20, bagaimana ‘Runes’ dapat menjadi solusi alternatif yang lebih efisien?

Mengapa ‘Runes’ Dibutuhkan?

BRC-20, yang diperkenalkan oleh pengembang anonim “Domo”, telah mencapai kapitalisasi pasar $1 miliar dalam dua bulan.

Namun, Rodarmor menyoroti bahwa token BRC-20 menghasilkan banyak “sampah” UTXO (unspent transaction outputs) yang membebani jaringan Bitcoin.

UTXO merepresentasikan jumlah crypto yang tersisa di dompet crypto setelah transaksi selesai. Model UTXO Bitcoin memastikan transparansi dan auditabilitas dengan mencegah masalah double-spending.

Baca Juga: Revolusi Mata Uang Digital Eropa, Circle Luncurkan EURC di Stellar!

Rodarmor berpendapat bahwa protokol token fungible lainnya di Bitcoin memiliki masalah mereka sendiri.

Namun, dengan protokol yang tepat, seperti yang dia usulkan dengan ‘Runes’, Bitcoin dapat menarik pendapatan dari biaya transaksi, perhatian pengembang, dan basis pengguna yang lebih luas.

Bagaimana ‘Runes’ Bekerja?

rune crypto altcoin
Vecteezy

‘Runes’ dirancang untuk selaras dengan infrastruktur Bitcoin, memberikan keuntungan signifikan.

Protokol ini memprioritaskan minimisasi set UTXO, mencegah pembuatan UTXO yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi jaringan Bitcoin.

Saldo ‘Runes’ dapat disimpan dalam UTXO yang berisi jumlah ‘Runes’ apa pun. Selain itu, ‘Runes’ yang digunakan dalam transaksi dengan pesan protokol yang tidak valid akan dibakar.

Dibandingkan dengan protokol lain, pendekatan ini mungkin mempromosikan manajemen token yang lebih efisien dan bertanggung jawab, mengurangi potensi kerusakan.

Masa Depan ‘Runes’ dan Insentif $100K

Meskipun ‘Runes’ memiliki potensi besar, masa depannya masih belum pasti. Namun, Rodarmor percaya bahwa protokol ini mungkin menarik pengguna dari protokol lain yang memiliki “jejak on-chain yang lebih buruk”.

Dalam diskusi Twitter Spaces dengan Trevor Owens, Rodarmor mengungkapkan bahwa ide ‘Runes’ baru muncul minggu lalu dan dia masih belum yakin apakah akan melanjutkan pengembangan konsep ini.

Baca Juga: Kemitraan Strategis, Trader Joe Ajukan Proposal Insentif Senilai 1,83 Juta ARB ke Arbitrum!

Sebagai respons, Owens menawarkan insentif sebesar $100.000 dari Bitcoin Frontier Fund untuk pengembang yang dapat menciptakan aplikasi ‘Runes’ yang berfungsi, mendorong proposal inovatif Rodarmor.

Runes’ menawarkan solusi potensial untuk tantangan yang dihadapi oleh standar token BRC-20.

Meskipun masa depannya masih belum pasti, dengan insentif yang tepat dan dukungan dari komunitas, ‘Runes’ mungkin menjadi bagian integral dari ekosistem Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: