Runes Bantu Penambang Bitcoin Raup Pendapatan Fantastis Pasca Halving!

Runes Bantu Penambang Bitcoin Raup Pendapatan Fantastis Pasca Halving!

Jakarta, Pintu News – Penambang Bitcoin berhasil membukukan rekor pendapatan harian tertinggi setelah halving, menepis kekhawatiran tentang keberlangsungan usaha mereka. Menurut data yang tersedia, para penambang secara kolektif memperoleh sekitar $107 juta dari hadiah blok dan biaya transaksi. Angka ini secara signifikan melampaui rekor sebelumnya sebesar $77 juta yang ditetapkan pada bulan April 2021. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Pendapatan Penambang Bitcoin Melonjak?

penambang bitcoin
Sumber: Akun X Clark Moody

Porsi terbesar dari pendapatan ini, sekitar 75% atau $80 juta, berasal dari biaya transaksi. Sisanya $27 juta berasal dari subsidi blok. Perlu dicatat, penambang Bitcoin memperoleh kompensasi untuk memvalidasi transaksi dan memecahkan blok. Tren yang mencolok muncul ketika memeriksa 10 blok Bitcoin paling berharga dalam hal nilai dolar AS – mayoritas ditambang setelah halving.

Lonjakan pendapatan dapat dikaitkan dengan peningkatan aktivitas pencetakan protokol Runes yang baru diluncurkan. Protokol ini memperkenalkan koin meme ke dalam blockchain Bitcoin dan menyimpang dari standar token BRC-20 menggunakan model Unspent Transaction Output (UTXO).

Ini memfasilitasi pembuatan altcoin melalui proses “etsa” langsung di jaringan. Data menunjukkan bahwa pengenalan Runes memicu lonjakan aktivitas jaringan Bitcoin, yang menyebabkan kemacetan dan peningkatan biaya.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024 Telah Usai, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Dampak Runes terhadap Biaya Transaksi Bitcoin

bitcoin fees
Sumber: CryptoQuant

Meskipun terjadi lonjakan biaya transaksi, para ahli mencatat penurunan biaya rata-rata dibandingkan dengan tahun 2017 dan 2018. Biaya transaksi Bitcoin mencapai rekor rata-rata $127,97 pada tanggal 20 April, ketika halving terjadi dan Runes diluncurkan, berdasarkan waktu universal terkoordinasi. Itu lebih dari tujuh kali lipat biaya rata-rata pada hari sebelumnya, dan kira-kira dua kali lipat rekor sebelumnya yang ditetapkan tiga tahun lalu.

Pendapatan total untuk penambang bitcoin, yang mencakup hadiah blok serta biaya transaksi, melonjak ke rekor $107,8 juta untuk satu hari, menurut YCharts. Perkembangan ini bisa menjadi bullish untuk perusahaan penambangan bitcoin besar termasuk Marathon Digital Holdings ($MARA), Riot Blockchain ($RIOT), Hut 8 Mining (HUT), dan Core Scientific (CORZ).

Baca Juga: Dampak Halving Bitcoin dan Merebaknya Rune: Biaya Transaksi Melonjak!

Protokol Runes dan Masa Depan Bitcoin

Protokol Runes baru dari Rodarmor dapat digunakan untuk memutar token digital baru seperti yang umum di blockchain Ethereum tetapi sejauh ini sebagian besar tidak ada dalam ekosistem Bitcoin. Menurut situs web RuneAlpha, hingga 21 April sekitar 4.923 rune telah terukir, dengan 801.124 transaksi rune dan 68.548 pemegang.

Beberapa bursa kripto, termasuk OKX dan Gate.io, telah mendaftarkan beberapa rune yang baru dicetak untuk diperdagangkan.

Substack Bitcoin Layer menulis bahwa Runes tampaknya menjadi “permainan orang bodoh yang lebih besar di mana pada dasarnya semua orang kalah,” tetapi itu memang memakan ruang blok dan dapat “menonjolkan kebutuhan untuk mempercepat pengembangan dan perluasan likuiditas lebih lanjut pada solusi penskalaan lapisan-2 seperti Lightning Network.”

Kesimpulan

Pendapatan penambang Bitcoin melonjak pasca halving, sebagian besar disebabkan oleh munculnya Runes. Protokol ini memungkinkan pembuatan token yang dapat dipertukarkan pada blockchain Bitcoin, yang mengakibatkan peningkatan biaya transaksi dan pendapatan penambang.

Profitabilitas penambangan Bitcoin sangat penting bagi para penambang karena berdampak langsung pada keuntungan mereka. Selain itu, profitabilitas penambangan Bitcoin yang tinggi dapat berdampak positif pada pasar BTC yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi