Pendukung Berat Crypto, Ron DeSantis: “Bitcoin akan Tamat Jika Biden Berkuasa Lagi”

author:

Pendukung Berat Crypto, Ron DeSantis: “Bitcoin akan Tamat Jika Biden Berkuasa Lagi”

Dalam sebuah sesi Twitter Space yang dilakukan secara langsung dengan Elon Musk hari ini, Gubernur Florida, Ron DeSantis, secara resmi mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada tahun 2024.

Dalam perjalanan ke Gedung Putih, Ron DeSantis berjanji untuk melindungi Bitcoin dan mata uang digital lainnya jika terpilih. Sebagai pendukung crypto berat, ia berjanji untuk mendukung inovasi dalam teknologi blockchain dan memastikan bahwa regulasi tidak menghambat perkembangan sektor ini.

DeSantis dan Bitcoin: Hubungan yang Kuat

desantis lindung crypto
Decrypt

Ron DeSantis diketahui telah lama menjadi pendukung Bitcoin dan teknologi blockchain. Sebagai Gubernur Florida, dia melihat potensi besar dalam teknologi ini dan bagaimana teknologi ini bisa mendatangkan manfaat bagi ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan.

Sebagai calon presiden, DeSantis berjanji untuk melindungi Bitcoin dan mata uang crypto lainnya, menunjukkan komitmennya untuk mendukung perkembangan teknologi ini dan melindungi hak konsumen untuk mengakses dan menggunakan mata uang digital.

Dalam sesi Twitter Space bersama Musk, DeSantis mengutarakan pendapatnya,

“Anda memiliki hak untuk menggunakan Bitcoin. Satu-satunya alasan mengapa orang-orang di Washington tidak menyukainya adalah karena mereka tidak mengendalikannya. Bitcoin merupakan ancaman bagi mereka, jadi mereka mencoba mengaturnya agar tidak ada lagi,”

Gubernur Florida ini juga mengisyaratkan pertempuran yurisdiksi yang sedang dilakukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa atas mata uang crypto. Gary Gensler, ketua regulator sekuritas saat ini, telah lama mengklaim bahwa lembaganya memiliki otoritas atas ruang crypto.

“Sudah sangat jelas bahwa rezim saat ini tidak menyukai Bitcoin, dan jika pemerintahan ini berlanjut selama empat tahun lagi, mereka mungkin akan membunuhnya (Bitcoin),” ucap DeSantis.

Baca juga: Heboh, Bitcoin Ubah Wajah Politik, Robert F. Kennedy Jr. Terima Donasi Kampanye Crypto!

Tidak Ada Ruang untuk CBDC di Bawah pengawasan DeSantis

Sementara itu, dilaporkan oleh Decrypt (25/5/23), DeSantis telah memasukkan pernyataan yang menentang mata uang digital bank sentral ke dalam platformnya dari waktu ke waktu, dan mengupayakan pelarangan mata uang digital yang didukung oleh pemerintah di Florida.

Mata uang digital bank sentral (CBDC) mirip dengan aset seperti stablecoin yang dipatok pada harga mata uang berdaulat seperti dolar AS. Namun, alih-alih diterbitkan oleh perusahaan swasta di jaringan publik, CBDC dikelola oleh pemerintah atau bank sentral masing-masing.

Dalam kasus Federal Reserve, Ketua Jerome Powell mengatakan bahwa CBDC “idealnya” akan menerima persetujuan tertulis dari Kongres. Namun DeSantis mengatakan bahwa CBDC tidak memiliki ruang gerak dalam pengawasannya.

“Anda harus mendapatkan otorisasi dari Kongres,” kata DeSantis tentang CBDC. “Saya dapat memberi tahu Anda, jika saya jadi presiden, kami tidak akan membuat mata uang digital bank sentral.”

Lebih lanjut, DeSantis menggarisbawahi pesannya bahwa CBDC dapat digunakan untuk membatasi pembelian yang dianggap tidak menguntungkan secara politis di mata mereka yang mengendalikan teknologi, mungkin mendorong masalah lingkungan atau mencegah penjualan senjata api.

DeSantis melihat CBDC sebagai pengalihan kekuasaan besar-besaran dari konsumen individu ke otoritas pusat, dan ia merasa itu tidak baik untuk masyarakat yang bebas.

“Saya berkata ‘tidak’ pada mata uang digital bank sentral.”

Didukung Calon Presiden AS, Apa Artinya Bagi Bitcoin?

Jika DeSantis berhasil dalam upayanya untuk memenangkan pemilihan presiden, ini bisa menjadi kabar baik bagi komunitas crypto. Dengan pendukung Bitcoin di Gedung Putih, ini dapat membuka jalan bagi lebih banyak dukungan pemerintah dan regulasi yang lebih ramah crypto.

Namun, tetap ada tantangan di depan. Meskipun DeSantis mendukung Bitcoin, dia akan perlu mendapatkan dukungan dari Kongres dan regulator lainnya untuk mewujudkan visinya untuk industri crypto.

Baca juga: Gak Mau Kalah, Kandidat Presiden Amerika, Vivek Ramaswamy, Terima Crypto untuk Kampanye

Pada akhirnya, pernyataan DeSantis tentang Bitcoin dan crypto menunjukkan bagaimana mata uang digital semakin menjadi topik utama dalam politik Amerika.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: