Robot Canggih Berbasis Blockchain Hadir di Dubai, Sajikan Kopi dan Beri Hadiah Kripto!

Robot Canggih Berbasis Blockchain Hadir di Dubai, Sajikan Kopi dan Beri Hadiah Kripto!

Jakarta, Pintu News – Teknologi blockchain terus berkembang dan kini hadir dalam bentuk robot canggih yang mampu menyajikan kopi dan es krim dengan taburan topping. Robot ini diperkenalkan di acara Token2049 di Dubai oleh Peaq, sebuah blockchain layer-1 untuk DePIN dan Machine RWAs (real-world assets), bersama dengan XMAQUINA dan ELOOP.

Melalui demonstrasi langsung, mereka memperlihatkan bagaimana robot otonom yang menghasilkan nilai dapat ditokenisasi. Simak berita lengkapnya beriku ini!

Robot Canggih, Kopi Nikmat, dan Hadiah Kripto

robot kafe dubai
Kafe robot otomatis XMAQUINA di Token 2049 Dubai. Sumber: Peaq

Robot kafe ini tidak hanya menyajikan kopi dan es krim lembut yang lezat, tetapi juga memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan hadiah kripto untuk setiap cangkir yang terjual. Hal ini dimungkinkan melalui machine pool XMAQUINA. Pengguna dapat melihat semua transaksi dengan mencari Peaq ID robot kafe melalui Subscan.

Peaq layer-1 digunakan untuk smart contract yang menjalankan logika bisnis dan pengaturan machine pool. Pool pertama yang diluncurkan akan mewakili pendapatan yang dihasilkan oleh robot kafe otomatis yang ditokenisasi di lokasi strategis di Eropa. Pemegang token akan mendapatkan bagian dari setiap cangkir yang terjual.

Baca Juga: Terobosan Baru! SophiaVerse dan Decentraland Gabungkan Dunia Metaverse dan AI

DePIN dan Robot: Kunci Kemandirian Manusia di Era Otomatisasi

Laporan McKinsey baru-baru ini memperkirakan bahwa otomatisasi berpotensi menghilangkan hampir 375 juta pekerjaan pada tahun 2030. Jika ditambah dengan kecerdasan buatan (AI), maka 12 juta pekerjaan lagi akan hilang dalam jangka waktu yang sama. XMAQUINA berupaya menggunakan robot, bersama dengan teknologi desentralisasi, untuk memberikan manusia lebih banyak keadilan dalam menghadapi situasi ini.

Dengan menokenisasi pendapatan yang dihasilkan oleh DePIN robot otonom, orang dapat menjadi pemangku kepentingan dalam otomatisasi, bukan korbannya. Mauricio Zolliker, salah satu pendiri dan CEO XMAQUINA, menjelaskan bahwa siapa pun dapat menjadi pengusaha dengan cara ini.

Pengguna dapat menggalang dana untuk proyek dengan kompleksitas teknologi apa pun, yang akan merangsang pertumbuhan ekonomi yang lebih luas dengan mendorong terciptanya bisnis baru dan lapangan kerja baru dalam prosesnya.

Baca Juga: Fenomena Teknologi AI dan Boomer yang Hebohkan Facebook: AI Bisa Bikin Awet Muda?

Bagaimana dengan Data Pengguna?

peserta token 2049 dubai
Para peserta konferensi Token 2049 mendapatkan kopi dan es krim bertanda token. Sumber: Peaq

XMAQUINA memanfaatkan sistem manajemen identitas Peaq sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan teknologi dan robot. Zolliker menjelaskan bahwa Peaq ID memungkinkan mesin untuk berinteraksi dengan blockchain dan mendistribusikan kembali hadiah dengan cara yang “aman dan tanpa kepercayaan”.

Sedangkan untuk transaksi penjualan, ketika robot menjual kopi, data pengguna ditangani sesuai dengan protokol konvensional untuk pembayaran kartu kredit. Semua perlindungan yang sesuai berlaku, itu adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis reguler.

Baca Juga: Strategi AI Apple di WWDC 2024: Akankah Mendorong Sahamnya ke $250?

Masa Depan Otomatis yang Cerah

Ketika ditanya di mana lagi teknologi ini cocok untuk model DePIN ini, Zolliker menjawab bahwa proyek tersebut sudah menjajaki berbagai sektor untuk kasus penggunaan potensial. Ini termasuk robot untuk logistik dan pengiriman, pertanian, manufaktur, layanan dan perhotelan, konstruksi, dan bahkan pemantauan lingkungan.

“Orang tidak perlu takut robot datang untuk pekerjaan mereka ketika mereka bisa mendapatkan penghasilan dari robot ini,” katanya.

Teknologi blockchain dan robot otonom bersatu untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah. Dengan menokenisasi pendapatan yang dihasilkan oleh robot, manusia dapat menjadi pemangku kepentingan dalam otomatisasi dan memperoleh manfaat darinya.

XMAQUINA menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk menciptakan peluang baru dan memberikan lebih banyak kendali kepada manusia dalam menghadapi era otomatisasi yang tak terelakkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi