Roblox di Persimpangan Kritis: Masa Depan atau Kehancuran di 2024?

author:

Roblox di Persimpangan Kritis: Masa Depan atau Kehancuran di 2024?

Roblox, platform yang pernah menjadi primadona di dunia Metaverse, kini berada di ambang tahun yang menentukan. Investor mulai gelisah, menanti keuntungan yang tak kunjung datang. Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun krusial bagi Roblox untuk membuktikan kemampuannya mencapai keuntungan berkelanjutan.

Kekhawatiran Investor Meningkat

Sahil Alvi, pendiri Neuron Partners, mengungkapkan kekecewaannya terhadap performa saham Roblox yang belum juga membaik sejak IPO di kuartal pertama 2021.

“Kami telah menyaksikan saham ini terpuruk selama hampir dua tahun,” ujarnya dalam wawancara dengan Fortune.

Alvi bahkan menyarankan CEO Roblox, David Baszucki, untuk memprivatisasi perusahaan demi menghentikan penurunan nilai saham. Roblox, yang memiliki likuiditas sekitar $2,1 miliar, dihadapkan pada tekanan untuk serius mencapai profitabilitas.

Baca juga: Bored Apes dan Kingship Mengguncang Roblox dengan Pengalaman Metaverse Baru!

Lebih lanjut, Alvi menekankan bahwa 2024 akan menjadi tahun penentu bagi tim manajemen Roblox. Jika tidak ada perubahan signifikan, perusahaan bisa mengalami kesulitan finansial yang serius.

Strategi Pemulihan Kepercayaan Pasar

roblox metaverse
Sumber: Roblox Blog

Alvi menilai Roblox sebagai aset yang belum tergali potensinya, berada di persimpangan media sosial, gaming, dan e-commerce. Dia mendesak Baszucki untuk lebih kreatif dan agresif dalam memanfaatkan potensi platform.

Namun, dengan hanya $2,1 miliar kas bersih tersisa, Roblox menghadapi tantangan ekonomi yang bisa memperburuk kondisi keuangan mereka. Dalam surat terbuka yang diposting di LinkedIn, Alvi memperingatkan bahwa saham Roblox, yang saat ini berada di $40, tidak akan pulih ke nilai yang dianggap adil oleh firmnya, yaitu $75, sampai perusahaan dapat mengakhiri rentetan kerugian.

Dia mendukung langkah Baszucki untuk merombak struktur biaya, mirip dengan yang dilakukan oleh CEO Spotify, Daniel Ek.

Baca juga: Roblox dan Masa Depan NFT: Visi CEO yang Menggemparkan Dunia Game

Roblox dan Daya Tarik Generasi Z

Roblox menawarkan platform bagi kreator untuk mendesain game mereka sendiri, yang kemudian dihosting di platform Roblox. Ini memberikan kesempatan bagi kreator dan Roblox untuk mendapatkan keuntungan dari pengeluaran pengguna aktif harian yang mencapai sekitar 70 juta orang.

Setengah dari pengguna aktifnya adalah Gen Z, yang menghabiskan rata-rata 180 menit per hari di platform. Pandemi telah meningkatkan popularitas Roblox, tetapi setelah itu, saham perusahaan mengalami penurunan drastis.

Meskipun demikian, Roblox masih memiliki potensi besar, terutama dalam kemitraan dengan merek besar seperti Disney dan Adidas. Alvi percaya bahwa setiap merek konsumen besar harus memiliki kehadiran di Roblox.

Secara keseluruhan, Sahil Alvi masih menunggu tindakan konkret dari Baszucki untuk menghentikan kerugian yang terus-menerus. Namun, dia menyatakan bahwa tahun 2024 akan menjadi waktu untuk menentukan apakah akan terus mendukung Roblox atau menarik investasinya.

Kepemimpinan Roblox dihadapkan pada tantangan untuk memperbaiki masalah ini sebelum terlambat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: