Robert Kiyosaki: “Saya Beli Bitcoin untuk Tabungan Pensiun”

Robert Kiyosaki: “Saya Beli Bitcoin untuk Tabungan Pensiun”

Penulis terkenal dari buku laris berjudul Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, menjelaskan alasan dia membeli Bitcoin di akun Twitter-nya.

Rich Dad Poor Dad adalah buku keluaran tahun 1997 yang ditulis oleh Kiyosaki dan Sharon Lechter. Buku ini masuk ke dalam salah satu daftar New York Times Best Seller selama lebih dari 6 tahun. Lebih dari 32 juta eksemplar buku tersebut telah terjual dalam lebih dari 51 bahasa dan diperjualbelikan di lebih dari 109 negara.

Melalui akun Twitter-nya, dia menjelaskan bahwa institusi pengelola dana pensiun pada kenyataannya berinvestasi dalam cryptocurrency.

Sumber: Twitter theRealKiyosakix

Sumber: Twitter theRealKiyosaki

Alasan Robert Kiyosaki Membeli Bitcoin

Robert Kiyosaki membagikan sebuah artikel di akun Twitter-nya yang diterbitkan oleh Forbes berjudul “Your State Pension Is Now Gambling On Cryptocurrency“. Artikel tersebut menampilkan survei yang menunjukkan bahwa 94% dari dana pensiun yang dikelola oleh pemerintah negara bagian di Amerika diinvestasikan dalam cryptocurrency.

Survei ini merupakan bagian dari studi kepercayaan investor terbaru yang diterbitkan pada bulan April 2022 lalu oleh CFA Institute, asosiasi profesional investasi global.

Sumber: Twitter theRealKiyosaki

Menanggapi artikel ini, Kiyosaki juga menulis di akun Twitter-nya bahwa dana pensiun adalah bisnis investasi terbesar di dunia. Studi dalam artikel tersebut menunjukkan bahwa investor institusional merupakan pengguna cryptocurrency yang besar.

Survei ini menunjukkan bahwa sebanyak dua pertiga institusi berinvestasi dalam cryptocurrency. Selain itu, disebutkan pula dalam survei tersebut bahwa rencana pengelolaan dana pensiun yang disponsori pemerintah adalah yang dana paling memungkinkan untuk diinvestasikan dalam aset crypto.

Baca Juga: Penulis Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki: “BUY BITCOIN!”

Pandangan Robert Kiyosaki Terhadap Emas, Perak, dan Bitcoin

Sumber: Twitter theRealKiyosaki

Dalam tweet yang dilampirkan sebelumnya, Kiyosaki menjelaskan mengapa dia merekomendasikan membeli emas, perak, dan Bitcoin. Penulis terkenal itu menjelaskan bahwa ketika institusi pengelola dana pensiun bermasalah, hal itu menunjukkan bahwa bank sentral tidak dapat memperbaiki inflasi.

Oleh karena itu, Kiyosaki meyakini bahwa dana pensiun sebaiknya diinvestasikan dalam emas dan perak terutama saat mengetahui bahwa institusi pengelolaan dana pensiun pemerintah saat ini telah berinvestasi dalam Bitcoin. Penulis terkenal ini juga mendorong investor untuk berinvestasi dalam apa yang ia yakini sebagai “real money” seperti emas, perak, dan Bitcoin.

Tanggapan Robert Kiyosaki Terhadap Dana Pensiun dan Inflasi

Kiyosaki menyatakan dalam tweet-nya di atas bahwa pengelola dana pensiun tau bahwa uang fiat, saham, dan obligasi “are toast” yang artinya akan mengalami kesulitan untuk bertahan di situasi ekonomi saat ini.

Kiyosaki yakin bahwa institusi tersebut menginvestasikan dana pensiun dalam Bitcoin karena alasan tersebut. Kiyosaki juga kerap kali merekomendasikan pengikutnya di Twitter untuk membeli Bitcoin bersama emas dan perak.

Sumber: Twitter theRealKiyosaki

Pada awal Oktober 2022 lalu, Kiyosaki juga mengatakan bahwa jika Federal Reserve terus menaikkan suku bunga, maka akan ada peluang untuk membeli emas, perak, dan Bitcoin. Ia memperkirakan bahwa nilai dolar AS akan jatuh pada Januari tahun depan setelah pivot kebijakan The Fed dirilis.

*Disclaimer: Data dan informasi yang disediakan di Pintu News hanya bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari aktivitas trading/investasi pembaca. Harap lakukan investasi dengan bijak.

Referensi:

Christian Encila. Buying Bitcoin – What Attracts R. Kiyosaki To Crypto, And Why He Buys Them. Diakses tanggal: 12-10-22

Kevin Helms. Robert Kiyosaki Explains Why He Buys Bitcoin Citing Pension Funds and Inflation. Diakses tanggal: 12-10-22

Willy Rock. Robert Kiyosaki explains why he buys bitcoins citing pension funds, inflation and the unprecedented crisis to come. Diakses tanggal: 12-10-22