Ethereum 2024: Roadmap Masa Depan yang Mengubah Dunia Crypto!

author:

Ethereum 2024: Roadmap Masa Depan yang Mengubah Dunia Crypto!

Di tengah pesatnya perkembangan pasar crypto, Ethereum terus berinovasi untuk mempertahankan posisinya. Roadmap Ethereum untuk tahun 2024 telah diungkap, menjanjikan peningkatan signifikan dalam skalabilitas dan pengalaman pengguna.

Berikut sebuah utas mengenai roadmap Ethereum di tahun 2024 menurut akun X (Twitter) @francescoweb3.

ERC-4337: Memperbarui Dompet Smart Contract

ERC-4337 memperkenalkan konsep “abstraksi akun” yang revolusioner dalam evolusi dompet smart contract. Menurut Francesco dari @francescoweb3, ini adalah langkah besar dalam meningkatkan interaksi pengguna dengan kontrak pintar Ethereum.

Baca juga: Rencana Besar Ethereum 2024, Begini Terobosan Vitalik Buterin!

ERC-4337 menggabungkan akun yang dimiliki eksternal (EOA) dan akun smart contract, memberikan pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan aman.

Inovasi ini tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga memudahkan pengguna non-teknis untuk berinteraksi dengan ekosistem Ethereum. Fitur penting dari ERC-4337 termasuk transaksi tanpa gas dan opsi pemulihan kata sandi.

EIP-4844: Meningkatkan Efisiensi Layer 2

EIP-4844, sering disebut sebagai “proto-danksharding”, adalah langkah penting untuk menyelesaikan masalah skalabilitas Ethereum. Francesco menyatakan bahwa EIP-4844 akan mengurangi biaya transaksi secara signifikan dengan memperkenalkan format transaksi baru untuk “blob-carrying transactions”.

Lebih lanjut, tujuannya adalah untuk menciptakan ruang penyimpanan data murah bagi solusi Layer 2, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya transaksi bagi pengguna.

EIP-3074: Mempermudah Transaksi

EIP-3074 memperkenalkan perubahan mendasar dalam cara transaksi Ethereum diotorisasi dan dieksekusi. Proposal ini memungkinkan pengguna untuk memberikan otoritas kepada pihak ketiga untuk melakukan transaksi atas nama mereka.

Hal ini akan memungkinkan eksekusi operasi kompleks dengan satu tanda tangan, meningkatkan UX secara dramatis, dan mengurangi biaya gas untuk interaksi DApp yang kompleks.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum 2024: ETH Berpotensi Capai Puncak Baru Tahunan Rp61 Juta?

EIP-5003: Mengoptimalkan Sumber Daya Jaringan

Sedangkan EIP-3074 memberikan kemampuan operasional baru untuk otorisasi transaksi, EIP-5003 melengkapi ini dengan mengalihkan otoritas penandatanganan dari akun EOA ke akun smart contract.

Perubahan ini diharapkan meningkatkan keamanan dan efisiensi jaringan, sebagaimana dinyatakan oleh Francesco.

Ethereum: Beradaptasi dan Berkembang

Pada akhirnya, Ethereum, dalam menghadapi persaingan yang meningkat, terus berinovasi dan memperbaiki diri. Fokus utama dari roadmap 2024 adalah mendefinisikan ulang cara pengguna berinteraksi dengan Ethereum, beralih dari akun EOA ke dompet smart contract yang lebih fleksibel. Implementasi dari ERC-4337, EIP-4844, EIP-3074, dan EIP-5003 masing-masing memainkan peran penting dalam perjalanan evolusioner ini.

Secara keseluruhan, roadmap Ethereum untuk tahun 2024 menggambarkan visi yang jelas untuk masa depan dan komitmen untuk mengatasi area kritis seperti skalabilitas, keamanan, aksesibilitas, dan kemudahan penggunaan.

Dengan fokus pada inovasi berkelanjutan dan adaptasi terhadap teknologi dan alternatif yang muncul, Ethereum berupaya memastikan bahwa jaringannya tetap relevan dan tangguh untuk masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.