Laporan Terbaru! Departemen Keuangan AS Peringatkan Risiko Finansial dari Pasar NFT

author:

Array

Laporan Terbaru! Departemen Keuangan AS Peringatkan Risiko Finansial dari Pasar NFT

Jakarta, Pintu News – Departemen Keuangan Amerika Serikat baru saja merilis laporan pertama mereka yang mengkaji risiko potensial yang terkait dengan pasar NFT.

Laporan ini menggarisbawahi berbagai ancaman dan tantangan yang mungkin dihadapi oleh sektor NFT yang sedang berkembang pesat.

Departemen Keuangan AS Rilis Penilaian Risiko Keuangan NFT

Baru-baru ini, Departemen Keuangan Amerika Serikat telah merilis penilaian risiko keuangan pertama mereka untuk non-fungible token (NFT) dalam upaya memberikan wawasan lebih kepada regulator tentang potensi risiko dan masalah keamanan yang dihadapi oleh pasar yang berkembang pesat ini.

Baca juga: Survei Terbaru: Bitcoin Semakin Relevan dalam Pemilihan Umum AS di Tahun 2024!

Beberapa risiko potensial yang diidentifikasi termasuk kemungkinan teroris membiayai operasi melalui NFT, aktor negara menggunakan NFT untuk mendanai proliferasi nuklir, pencucian uang, dan risiko bagi investor yang mungkin mengalami pencurian, penipuan, atau bentuk kecurangan lainnya yang telah dikenal luas.

Laporan tersebut berulang kali menegaskan bahwa sebagian besar aktivitas ilegal ini terjadi melalui pembiayaan fiat dan transaksi, dan bukanlah hal yang unik di ruang aset digital.

Sumber: United States Treasury Department

“Penilaian risiko ini mengakui bahwa sebagian besar pencucian uang, pembiayaan teroris, dan pembiayaan proliferasi berdasarkan volume dan nilai transaksi terjadi dalam mata uang fiat atau di luar ekosistem aset digital melalui metode yang lebih tradisional,” tegas laporan tersebut.

Beberapa Hal yang Mengurangi Potensi Penyalahgunaan

Selain itu, Departemen Keuangan menemukan bahwa bahkan dalam kasus penyalahgunaan investor atau pasar, penipuan aset digital cenderung terjadi melalui skema lama yang sudah ada sebelum penemuan blockchain dan cryptocurrency—seperti skema Ponzi atau mendapatkan keuntungan dari informasi orang dalam.

Baca juga: El Salvador dan Cathie Wood Berkolaborasi untuk Meningkatkan Pasar Modal dengan Bitcoin!

Namun, laporan tersebut menjelaskan bahwa penipuan juga terjadi melalui mekanisme unik untuk aset digital seperti manipulasi smart contract.

Sumber: United States Treasury Department

Meskipun demikian, penilaian Departemen Keuangan menunjukkan potensi tinggi untuk penyalahgunaan dan aktivitas ilegal melalui NFT, meskipun penilaian tersebut juga mengakui bahwa hanya ada sedikit contoh, jika ada, penggunaan NFT dalam pembiayaan teroris, proliferasi nuklir, atau perdagangan narkoba.

Mungkin contoh paling signifikan dari aktivitas jahat yang dikutip dalam laporan tersebut adalah pencurian aset digital oleh pemerintah Korea Utara (DPRK) dan kelompok peretas terkait yang berusaha menghindari sanksi AS dan mengumpulkan dana untuk pengeluaran militer.

Sekali lagi, Departemen Keuangan mencatat bahwa NFT hanya merupakan persentase kecil dari total pencurian aset digital dan menjelaskan bahwa lembaga keuangan lain juga diretas oleh DPRK.

Laporan tersebut diakhiri dengan beberapa rekomendasi untuk mengurangi potensi penyalahgunaan melalui NFT, termasuk mengatur pasar NFT, bekerja sama dengan orang dalam industri untuk mencegah penipuan, berkolaborasi dengan mitra asing untuk mencegah aktivitas geopolitik ilegal, dan mendidik konsumen tentang potensi risiko yang terkait dengan non-fungible tokens dan aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array