Revolusi XRPL di Ambang Pintu, RippleX Siapkan Fitur AMM dan Clawback!

author:

Array

Revolusi XRPL di Ambang Pintu, RippleX Siapkan Fitur AMM dan Clawback!

Dalam langkah besar menuju inovasi dan keamanan, RippleX, lengan pengembangan Ripple, telah mengumumkan pembaruan penting untuk XRP Ledger (XRPL). Dengan pengenalan fitur Automated Market Maker (AMM) dan Clawback, apa yang diharapkan dari pembaruan ini?

Automated Market Maker (AMM): Meningkatkan Efisiensi Pasar

peningkatan ripplex
Sumber: Twitter

Melalui akun Twitternya pada 8 September 2023, RippleX mengumumkan bahwa amandemen AMM telah diusulkan untuk XRPLedger dan tersedia untuk proses pemungutan suara amandemen.

Fitur AMM pertama kali diperkenalkan oleh CTO Ripple, David Schwartz, dan Aanchal Malhotra, Kepala Penelitian RippleX, pada 1 Juli 2022.

Sebelumnya, XRPL decentralized exchange hanya menyediakan likuiditas melalui pembuatan pasar manual dan buku pesanan. Namun, dengan fitur AMM, akan ada penambahan pembuat pasar otomatis non-penitipan sebagai fitur asli untuk DEX.

Baca juga: Kerjasama SBI dan Ripple Jadikan XRP sebagai Mata Uang Jembatan di Filipina, Vietnam, dan Indonesia

Tujuan dari AMM adalah untuk memungkinkan perdagangan aset digital dalam kolam likuiditas otomatis dan memperluas jangkauan pengembang ke sektor DeFi yang lebih luas.

Fitur Clawback: Menambahkan Lapisan Keamanan Tambahan

fitur clawback ripplex
Sumber: The Daily Hodl

Fitur Clawback diperkenalkan sebagai tambahan ringan ke basis kode rippled 1.12.0. Ini memungkinkan kemampuan opsional untuk aset yang baru dikeluarkan untuk ditarik kembali melalui trustline.

Fitur ini pertama kali ditentukan oleh Nik Bougalis, mantan Direktur Teknik Ripple Labs, pada tahun 2022.

Penting untuk dicatat bahwa XLS-39 hanya berurusan dengan aset yang dikeluarkan, yang berarti dukungan clawback yang diusulkan tidak dapat digunakan untuk menarik kembali XRP.

Proses Persetujuan dan Pelaksanaan Fitur Baru

Sebelum fitur-fitur ini dapat diaktifkan, mereka harus mendapatkan persetujuan dari komunitas validator XRPL.

Baca juga: Avalanche Gandeng Pengembang Game Terbesar Korea, Bagaimana Dampaknya kepada AVAX?

Untuk suatu amandemen agar disetujui, setidaknya 80% validator harus menyetujui amandemen dengan memperbarui suara mereka menjadi “ya”. Tingkat persetujuan minimum ini harus dipertahankan selama setidaknya 2 minggu.

Jika persyaratan ini terpenuhi, XLS-30 dan XLS-39 akan menjadi bagian dari XRPL Mainnet, menandai babak baru dalam evolusi XRPL.

Dengan pengenalan fitur-fitur baru ini, XRPL siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan dengan cara yang lebih inovatif dan aman. Komunitas kini menunggu dengan penuh antisipasi hasil dari proses pemungutan suara dan potensi dampak dari fitur-fitur ini pada ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array