XRP Ledger dan Ripple Tembus Rekor Baru dengan 83 Juta Blok

XRP Ledger dan Ripple Tembus Rekor Baru dengan 83 Juta Blok

Ledger XRP milik Ripple, sebuah ekosistem blockchain yang dirancang untuk memfasilitasi transfer lintas batas, smart contract, dan mata uang digital, baru saja mencapai tonggak sejarah yang bisa membuka peluang kenaikan harga XRP yang signifikan.

Capaian Fenomenal XRP Ledger

Menurut pembaruan yang dibagikan oleh XRPScan, penjelajah rantai XRPL terkenal, XRP Ledger telah resmi melewati tanda 83 juta ledger. Meski baru diluncurkan pada 2012, tonggak sejarah ini dicapai pada 5 Oktober, dengan data on-chain yang mengonfirmasi waktu tepatnya adalah 03:52 (UTC).

Penting untuk kamu ketahui bahwa jaringan ini mencapai ambang 82 juta pada 21 Agustus, menambahkan satu juta blok dalam kurang dari 2 bulan. Sejak 27 Mei, 3 juta blok telah ditambahkan. Data XRPScan menunjukkan bahwa jaringan telah mencatat sekitar 83,025,273 blok, dan memproses 25,273 blok setelah tonggak ini dicapai.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Pada blok saat ini, sekitar 283,278 transaksi telah diselesaikan dengan sekitar 39,716 pembayaran yang dicatat. Menurut para ahli, pertumbuhan jaringan saat ini menunjukkan peningkatan minat pada XRPL. Selain itu, ini menunjukkan bahwa ada pengembangan ekosistem yang berkelanjutan.

Pertumbuhan XRPL vs Bitcoin

xrpl
Bitcoinist

Pertumbuhan luar biasa dari XRPL ini sangat dihargai ketika dibandingkan dengan Bitcoin yang muncul pada 2009. Meskipun tiga tahun lebih tua dari XRPL, Bitcoin hanya memiliki 810,859 blok.

XRPL hanya membutuhkan setahun setelah peluncuran untuk mencapai 810,859. Bitcoin cukup mirip dengan XRPL, tetapi jauh tertinggal dalam hal penggunaan yang kuat.

Penting untuk kamu ketahui bahwa XRPL mendukung beberapa fitur seperti pembayaran lintas batas, saluran mata uang, dan beberapa token. Untuk memperluas kasus penggunaannya, XRPL telah menambahkan dukungan untuk NFT.

Ekspansi Kasus Penggunaan XRPL

Menurut laporan, para pengembangnya serius dalam memperluas kasus penggunaan ini. Hal ini terlihat dalam pengenalan amandemen XLS-30 dan XLS-39.

CTO Ripple David Schwartz mengatakan: Berkat upaya kolektif dari komunitas #XRPL dan para insinyur @RippleXDev, XLS-20 kini telah diaktifkan di XRP Ledger Mainnet dan beberapa NFT telah dicetak.

Tokenisasi bukanlah hal baru bagi XRPL, tetapi ini menandai tonggak penting bagi pengembang dan pencipta untuk men-tokenisasi aset apa pun dan membangun proyek Web3 inovatif dengan utilitas.

Standar baru ini memperkenalkan NFT asli di XRP Ledger untuk mewakili aset unik bersama dengan operasi yang efisien dan aman untuk mendaftar, mentransfer, dan memegang token tersebut.

Sebagai bagian dari upaya untuk memperluas kasus penggunaan, XRPL baru-baru ini bekerja sama dengan GateHub untuk membawa lebih banyak aset ke blockchain. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa ada transfer aset yang lancar antara XRPL dan jaringan lain yang didukung seperti SWIFT, SEPA, Bitcoin, dll.

Paragraf Penutup

Dengan pencapaian ini, XRPL dan Ripple menunjukkan potensi besar dalam dunia crypto. Dengan pertumbuhan yang pesat dan pengembangan berkelanjutan, mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai ketinggian baru.

Baca Juga: XRPL Labs dan Xahau Ledger Luncurkan Sidechain Smart Contract

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi