1 Miliar XRP Dilepas ke Pasar, Apakah Ripple (XRP) Siap Melonjak?

author:

1 Miliar XRP Dilepas ke Pasar, Apakah Ripple (XRP) Siap Melonjak?

Menggemparkan pasar crypto, Ripple baru-baru ini melepaskan 1 miliar XRP ke pasar. Langkah ini terjadi di tengah lonjakan harga dan peningkatan aktivitas para pemegang besar atau ‘whale’. Apakah ini pertanda akan terjadi lonjakan harga yang lebih tinggi? Simak ulasan mendalam mengenai fenomena terkini di dunia crypto yang satu ini.

Ripple Membuka Gudang XRP

Ripple telah membuka kunci 1 miliar XRP dari escrow mereka, meninggalkan saldo escrow mereka sekarang di angka 39,9 miliar XRP. Meskipun telah terjadi pelepasan besar-besaran, harga XRP yang menempati posisi kelima sebagai crypto terbesar tetap stabil.

Baca juga: Perubahan Baru dalam Transaksi Lintas Negara: Ripple dan Onafriq Membuka Peluang Baru!

Pada 1 Desember 2023, XRP mencatat kenaikan harga sebesar 1,77% dalam 24 jam terakhir, diperdagangkan pada $0,6139 dengan kapitalisasi pasar naik 1,8% menjadi $33,08 miliar. Meskipun volume perdagangan XRP turun sekitar 15% menjadi $884,61 juta, para pengamat industri menantikan langkah strategis Ripple dalam mengelola kas mereka dan mempengaruhi dinamika pasar.

Dengan sejarah Ripple yang kerap mengunci kembali sebagian XRP yang baru dibuka, banyak yang bertanya-tanya apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh perusahaan ini.

Transaksi Whale dan Spekulasi Pasar

Sejumlah transaksi besar telah tercatat di ekosistem XRP pasca pembaruan pembukaan kunci 1 miliar XRP. Sebagai contoh, transfer 27 juta XRP senilai $16,4 juta dari Binance ke dompet tak dikenal. Kemudian, 26 juta XRP senilai $15,6 juta dipindahkan dari dompet anonim ke Bitso, diikuti oleh transfer 25,8 juta XRP, setara dengan $15,5 juta, ke Bitstamp.

Transaksi besar lainnya melibatkan 74,6 juta XRP, bernilai $45,2 juta, yang dipindahkan dari dompet tak dikenal ke Bittrex. Transaksi-transaksi ini menimbulkan spekulasi mengenai motif di balik perpindahan XRP dalam jumlah besar dan entitas yang terlibat.

Apakah ini pertanda akan ada pergerakan harga yang signifikan dalam waktu dekat?

Baca juga: Ripple XRP Melonjak di Q3: Pertumbuhan 5% di Pasar AS dan Penjualan 892 Juta XRP!

Analisis dan Prospek Harga XRP

Sementara itu, Ripple XRP mendekati volume perdagangan $1 miliar, dengan harga yang berpotensi mendekati $1. Analisis terkini menunjukkan dua skenario yang berbeda. Indeks kekuatan relatif (RSI) telah turun di bawah angka 50, dan rata-rata pergerakan 30 hari tampak mendatar, yang bisa menyebabkan penurunan harga sebelum terjadi pemulihan.

analisa ripple
Sumber: Trading View

Namun, level dukungan aset masih lebih tinggi dibandingkan bulan Oktober 2023, yang menandakan bahwa penurunan yang akan datang mungkin tidak akan terlalu dalam atau berkepanjangan.

Di sisi lain, berita besar seperti penyelesaian konflik hukum antara Ripple dan SEC bisa mengubah arah pergerakan harga XRP secara drastis. Pertemuan tertutup antara kedua belah pihak telah terjadi hari ini, dengan spekulasi bahwa pembahasan penyelesaian telah dilakukan.

Dengan serangkaian peristiwa yang menarik di pasar crypto, Ripple XRP menjadi sorotan dengan potensi kenaikan harga yang signifikan. Pelepasan 1 miliar XRP dan aktivitas ‘whale’ yang meningkat menjadi indikator penting bagi para investor dan pengamat pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: