Ripple Pindahkan Jutaan XRP, Apakah Ini Akan Mempengaruhi Harga XRP?

author:

Ripple Pindahkan Jutaan XRP, Apakah Ini Akan Mempengaruhi Harga XRP?

Dalam perkembangan crypto yang menarik perhatian baru-baru ini, sejumlah besar XRP telah berpindah tangan. Laporan menunjukkan bahwa total 89 juta token XRP telah dipindahkan, dengan nilai gabungan melebihi $45 juta. Apa yang mendorong perpindahan besar-besaran ini dan bagaimana dampaknya terhadap pasar?

Perpindahan Besar oleh Ripple

Ripple, salah satu perusahaan blockchain paling terkemuka di ruang crypto, memulai salah satu transfer besar dengan memindahkan 60 juta token XRP, setara dengan sekitar $30 juta ke dompet yang tidak diungkapkan.

Baca juga: Ripple Menyabet Dua Penghargaan, Apakah Ini Membuatnya Menjadi Raja Baru di Dunia Crypto?

Khususnya, selama kemungkinan aksi jual dari sebagian token XRP yang baru saja dirilis ini, harga pasangan XRP/USD di Bitstamp – salah satu bursa yang menerima 33,15 juta dari 60 juta yang dibelanjakan – mengalami penurunan besar-besaran dari $0,50 ke $0,458 (-8,5%), di waktu yang hampir bersamaan dengan kejadian tersebut.

perpindahan token besar oleh xrp
Grafik harga XRP/USD 4 jam di Bitstamp. Sumber: TradingView

Mengikuti jejak 60 juta XRP

Menurut laporan Finbold, setelah escrow 1 miliar XRP pada tanggal 1 Oktober 2023, Ripple mengunci kembali 800 juta di escrow baru, menyimpan 200 juta token di akun “Ripple (1)”, yang siap untuk diedarkan melalui mekanisme inflasi pasokan XRP. Finbold mengambil data ini dari XRP Scan pada tanggal 10 Oktober 2023.

Jejak XRP 60 juta Ripple. Sumber: Pemindaian XRP dan Finbold

Dalam konteks ini, 60 juta XRP dikirim dari “Ripple (1)” ke alamat yang tidak dikenal “rJqiM… La8nE” pada tanggal 9 Oktober. 12 jam kemudian, 55 juta diteruskan ke “rP4X2… sKxv3”. Menariknya, Dari 60 juta awal, 600,000 XRP dikirim ke “rM43T … bpuAi” dan 180,000 XRP ke “rKL6i … S5Xwa” – kedua bagian yang lebih kecil belum dipindahkan pada saat pers.

Menariknya, 55 juta token yang dijumlahkan dengan saldo sebelumnya “rP4X2… sKxv3”, sekarang meneruskan 80 juta XRP ke “rhWt2… E32hk”, segera mengirimkan 42,55 juta ke “rJgpQ… 7hCvf”, dan total 66,15 juta juga langsung diteruskan ke “r4wf7… h4Rzn”.

Dari titik ini, alamat terakhir ini mendistribusikan seluruh jumlah tersebut ke empat alamat bursa terpusat yang dikenal ditambah dengan alamat yang tidak dikenal “rsdkG… apapb”, mirip dengan apa yang terjadi di bulan September.

Baca juga: Ethereum Foundation Baru Saja Menjual ETH Senilai $2,76 Juta, Bagaimana Dampaknya?

Apakah Pergerakan Token yang Tidak Terkunci Memengaruhi Harga XRP?

Meskipun tidak ada jawaban konklusif tentang seberapa besar pergerakan token Ripple yang baru saja dibuka dapat memengaruhi harga XRP, diketahui bahwa tekanan penjualan ekstra dapat melikuidasi pesanan buku jika melibatkan jumlah aset yang relevan dibandingkan dengan volume yang dipertukarkan.

Bitstamp menerima 33,15 juta (50%) dari aksi jual Oktober pertama ini, yang cukup untuk penurunan harga sebesar 8,5%. Bitso menerima 21,40 juta XRP, sementara Independent Reserves menerima 9,15 juta dan BTC Markets 1,40 juta token.

Pada saat publikasi, XRP diperdagangkan dengan harga $0,49 per token, tetapi Ripple masih memiliki 140 juta ($70 juta) token yang dapat digunakan pada hari-hari berikutnya. Hal ini dapat menciptakan tekanan penjualan lokal baru seperti yang diamati kemarin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: