Ripple Menang atas SEC AS, Kini XRP Dinobatkan Jadi Raja Baru Crypto?

author:

Ripple Menang atas SEC AS, Kini XRP Dinobatkan Jadi Raja Baru Crypto?

Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kejutan seperti cryptocurrency, Ripple (XRP) baru-baru ini mencuri perhatian dengan lonjakan harga yang dramatis. Berikut adalah ulasan mendalam tentang apa yang terjadi pada Ripple (XRP) dan apa arti kemanangan hukum XRP bagi investor dan pasar secara keseluruhan.

Ripple Menang atas SEC, Harga XRP Melambung!

Dilansir Reuters (14/7/23), Ripple Labs Inc dinyatakan tidak melanggar hukum sekuritas federal dengan menjual token XRP-nya di bursa publik, menurut putusan hakim Amerika Serikat pada hari Kamis (13/7/23. Kemenangan hukum yang penting ini bagi industri cryptocurrency telah mendorong nilai XRP melambung tinggi hingga 61,18% dalam waktu 24 jam terakhir.

harga ripple naik hari ini
Pintu Market

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (14/7/23), Harga XRP Ngegas hingga 61%!

Putusan oleh Hakim Distrik Amerika Serikat, Analisa Torres, merupakan kemenangan pertama bagi perusahaan cryptocurrency dalam kasus yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), meskipun SEC juga memperoleh kemenangan sebagian. Menurut laporan, keputusan dari fakta kasus ini kemungkinan besar akan memberikan amunisi bagi perusahaan crypto lain yang berjuang melawan SEC tentang apakah produk mereka berada di bawah yurisdiksi regulator.

XRP Jadi Raja Baru Cryptocurrency?

xrp jadi raja baru crypto
XRP kini berada di peringkat ke-4 sebagai mata uang crypto terbesar. Sumber: CoinMarketCap

Mengutip data dari CoinMarketCap hari ini, XRP sekarang menjadi cryptocurrency terbesar ke-4 berdasarkan kapitalisasi pasar setelah kemenangan sebagian Ripple Labs atas SEC pada 13 Juli 2023.

Dalam kurun waktu beberapa jam setelah putusan, kapitalisasi pasar XRP melonjak sebesar $21,2 miliar hingga mencapai puncak baru tahunan sebesar $46,1 miliar, mendorongnya naik dari posisi ke-7 untuk mengalahkan USD Coin (USDC) milik Circle dan token BNB (BNB) milik Binance dalam prosesnya.

Baca juga: Di Bawah Tekanan SEC AS, XRP Alami Pertumbuhan dan Mencetak Rekor Baru!

Pasar Bereaksi Positif, XRP Melonjak!

Reaksi pasar terhadap putusan ini sangat positif, dengan harga XRP melonjak hingga 61% dalam jam-jam setelah keputusan, mencapai level tertinggi sebesar $0,93 menurut data dari TradingView. Lonjakan pembelian XRP bahkan sempat menyebabkan bursa crypto Amerika Serikat, Uphold, mengalami gangguan karena lonjakan volume yang “sederhana tanpa preseden”.

Uphold diketahui sebagai salah satu dari sedikit bursa cryptocurrency berbasis AS yang lebih besar yang terus menawarkan penjualan XRP, sementara bursa crypto yang lain memilih untuk delist token XRP.

Secara keseluruhan, putusan menangnya Ripple telah memicu gelombang baru aktivitas daftar ulang dari bursa AS utama, dengan Coinbase, Kraken, dan iTrustCapital yang membuat token tersedia untuk perdagangan di platform mereka masing-masing. Bursa crypto milik Winklevoss, Gemini, memberi petunjuk bahwa mereka juga akan melihat untuk daftar ulang XRP dalam waktu dekat.

Dalam dunia cryptocurrency yang serba cepat dan penuh dengan perubahan, Ripple dan XRP telah membuktikan diri sebagai pemain yang tangguh.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: