Ripple Bersiap Luncurkan Stablecoin, Siap Goyang Dominasi USDT dan USDC!

author:

Ripple Bersiap Luncurkan Stablecoin, Siap Goyang Dominasi USDT dan USDC!

Jakarta, Pintu News – Ripple, penerbit XRP, baru-baru ini mengumumkan rencana peluncuran stablecoin yang didukung oleh dolar Amerika Serikat, dengan harapan dapat bersaing dengan Circle dan Tether untuk merebut pangsa pasar dalam lima tahun ke depan.

Dengan rencana awal untuk diterbitkan di XRP Ledger dan blockchain Ethereum, stablecoin Ripple ini diharapkan membawa angin segar dalam pasar stablecoin yang saat ini didominasi oleh beberapa pemain besar.

Rencana Besar Ripple untuk Stablecoin

ripple stablecoin
Sumber: X

Ripple telah mempertimbangkan peluncuran stablecoin selama lebih dari setahun, dan CTO Ripple, David Schwartz, percaya bahwa ekosistem stablecoin saat ini belum seberagam dan sekuat yang seharusnya.

Baca juga: PayPal Memperkenalkan Revolusi Pembayaran Lintas Negara dengan PYUSD!

Dengan memperkirakan nilai pasar stablecoin saat ini sebesar $150 miliar, Schwartz menyatakan bahwa ada ruang untuk pemain besar lainnya.

Ripple berharap stablecoin mereka akan dipegang pada rasio 1:1 dengan dolar AS, dengan rencana untuk mendukung token dengan deposit dolar AS, Treasury AS jangka pendek, dan “ekuivalen kas” lainnya.

Fokus pada Kepatuhan dan Transparansi

Ripple bertujuan untuk meniru fokus Circle pada kepatuhan dan kemungkinan akan bersaing langsung dengan penerbit USD Coin (USDC).

Dengan pendekatan yang sangat “patuh terhadap kepatuhan”, Ripple berencana untuk sangat transparan tentang bagaimana aset didukung, sehingga langsung bersaing dengan USDC.

Aset cadangan diatur untuk diaudit oleh firma akuntansi pihak ketiga, dan Ripple akan menerbitkan atestasi bulanan untuk memastikan transparansi dan kepercayaan.

Baca juga: Terungkap! SEC Meminta Denda dan Penalti Sebesar $2 Miliar Kepada Ripple

Pasar Stablecoin yang Semakin Kompetitif

Pengumuman Ripple datang di saat pasar stablecoin mungkin semakin kompetitif. Ripple berharap stablecoin mereka dapat menarik ratusan juta, miliaran, atau puluhan miliar dolar, yang akan mengarah pada kekhawatiran serupa dengan yang dihadapi Tether (USDT) di awal peluncurannya.

Perusahaan mengandalkan kredibilitasnya, rekam jejak di ruang ini, dan neraca keuangan yang kuat untuk mendorong jalan mereka ke pasar stablecoin.

Melalui peluncuran stablecoin yang didukung oleh dolar AS, Ripple berharap dapat mengguncang dominasi USDT dan USDC, membawa lebih banyak keragaman dan kekuatan ke pasar stablecoin.

Dengan fokus pada kepatuhan dan transparansi, Ripple bertujuan untuk menawarkan alternatif yang aman dan dapat dipercaya bagi pengguna crypto dan institusi keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: FinBold