Inovasi Terbaru dari Ripple! Luncurkan Platform Eksklusif Untuk Menerbitkan CBDC

Inovasi Terbaru dari Ripple! Luncurkan Platform Eksklusif Untuk Menerbitkan CBDC

Belum lama ini, Ripple, perusahaan yang mendunia dengan teknologi blockchain-nya, mengumumkan peluncuran platform terbaru yang dirancang khusus untuk bank sentral, pemerintah, dan institusi keuangan. Dengan platform ini, Ripple ingin memfasilitasi penerbitan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Baca juga: Apa Itu Ripple? Inovasi dan Cara Kerjanya

CBDC adalah versi digital dari mata uang fiat yang bisa dikeluarkan oleh bank sentral di sebuah negara. Sama halnya seperti uang kertas dan logam, CBDC bisa menjadi alat tukar resmi dan legal yang diakui oleh pemerintah. Meskipun begitu, CBDC lebih unggul dibanding mata uang fiat yaitu memiliki kelebihan dalam hal efisiensi dan kecepatan transaksi karena didukung oleh teknologi blockchain.

Jadi nantinya, platform Ripple ini bisa digunakan oleh lembaga-lembaga pemerintah dan institusi keuangan untuk mengelola dan menyesuaikan CBDC, mulai dari pencetakan, distribusi, penukaran, hingga pembakaran token. Bahkan platform ini juga memungkinkan sebuah lembaga keuangan untuk mengelola dan berpartisipasi dalam fungsi penyelesaian dan distribusi antar institusi dengan menggunakan CBDC.

Jadi inovasi platform ini merupakan evolusi dari Ripple’s Private Ledger, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 untuk penerbitan CBDC. Platform ini didukung oleh XRP Ledger, tetapi dibangun di atas ledger pribadi baru. Ripple sendiri tengah berencana untuk menunjukkan aplikasi platform ini dalam uji coba e-HKD yang dijalankan oleh Otoritas Moneter Hong Kong. Saat ini Ripple juga tengah bekerja sama dengan Fubon Bank di Taiwan untuk membangun produk tokenisasi aset real estat dan distribusi ekuitas dalam lingkup proyek uji coba e-HKD.

Baca juga: Hong Kong Luncurkan e-HKD Pilot, Revolusi Baru dalam Dunia Keuangan Digital!

Vice President Ripple untuk CBDC optimistis inovasi ini bisa bantu menyelesaikan banyak tantangan, “Sebagai mitra terpercaya bagi beberapa bank sentral, kami memiliki kepercayaan bahwa platform ini akan membantu menyelesaikan masalah bagi banyak bank sentral dan pemerintah yang sedang merumuskan rencana dan mengembangkan strategi teknologi untuk implementasi CBDC,”

Melalui peluncuran platform terbaru ini, Ripple menunjukkan komitmennya untuk mendorong adopsi teknologi blockchain di berbagai sektor keuangan. Peluncuran platform CBDC ini tidak hanya menjadi langkah baik bagi Ripple, namun bisa menjadi tanda bahwa perkembangan signifikan telah ditunjukan dalam pemanfaatan teknologi blockchain oleh bank sentral dan institusi keuangan di seluruh dunia.

Token XRP yang dimiliki Ripple dalam sepekan terakhir naik hingga 10%. Tertarik untuk investasi di token Ripple (XRP)? Cek harganya di Pintu Market.

  • Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: