Ripple Labs dan Fubon Bank Hadirkan Akses Ekuitas Properti Melalui Mata Uang Digital

author:

Ripple Labs dan Fubon Bank Hadirkan Akses Ekuitas Properti Melalui Mata Uang Digital

Ripple Labs bekerja sama dengan Fubon Bank Hong Kong dalam sebuah program uji coba yang memungkinkan penduduk Hong Kong untuk mengakses ekuitas properti. Inovasi ini merupakan bagian dari proyek e-HKD dan menunjukkan penerapan teknologi crypto dalam penanganan aset yang telah ditokenisasi.

Uji Coba Proyek e-HKD

ripple kolaborasi fubon bank
Sumber: Forkast News

Uji coba proyek e-HKD ini melibatkan Ripple Labs dan Fubon Bank sebagai aktor utama. Mereka memanfaatkan teknologi mutakhir untuk menyediakan Home Equity Line of Credit (HELOC) bagi penduduk Hong Kong.

Baca juga: Hong Kong Berencana Meluncurkan CBDC ‘e-HKD’, Apa Saja Manfaatnya?

Tujuan dari proyek ini adalah untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk ekuitas real estat yang telah ditokenisasi. Dalam proyek ini, nasabah akan mendapatkan akses simulasi ke fungsi HELOC melalui aplikasi perbankan.

Setelah disetujui, dompet e-HKD secara otomatis dibuat dan versi tokenisasi properti dialokasikan kepada nasabah. Proyek ini juga menawarkan penarikan dana yang fleksibel, memungkinkan nasabah untuk mengelola dana e-HKD mereka 24/7.

Keuntungan Penggunaan e-HKD

hong kong cbdc

Penerapan e-HKD dalam fasilitas HELOC menawarkan berbagai manfaat. Misalnya, nasabah mendapatkan keuntungan dari platform online yang lebih efisien, mendapatkan persetujuan pinjaman lebih cepat, dan akses ekuitas properti setiap saat.

Solusi ini juga meningkatkan efisiensi dengan enkripsi end-to-end pada front operasional, memungkinkan pelaporan real-time dan menghilangkan proses manual. Selain itu, nasabah dapat melakukan pembayaran kapan saja sesuai keinginan mereka.

Setelah pembayaran selesai, nasabah dapat memutuskan untuk menutup fasilitas dan mengembalikan token lien ke dompet bank.

Baca juga: Pendiri Ripple dan XRP Investasi $500 Juta dalam Chip Nvidia untuk Inovasi AI

Peran Ripple Labs dan Fubon Bank

Ripple Labs dan Fubon Bank dipilih oleh Hong Kong Monetary Authority (HKMA) untuk menunjukkan penerapan crypto dalam penanganan aset yang telah ditokenisasi. Fubon Bank akan mengawasi konversi versi fiat HKD menjadi e-HKD hipotetis dengan nilai tukar 1 banding 1.

Setelah selesai, bank akan mengeluarkan e-HKD sebagai pinjaman kepada nasabah, yang dapat dilihat melalui dompet khusus.

Pada akhirnya, kerjasama antara Ripple Labs dan Fubon Bank ini menunjukkan bagaimana teknologi crypto dapat digunakan untuk memberikan solusi inovatif dalam sektor real estate. Dengan memanfaatkan teknologi ini, penduduk Hong Kong kini dapat mengakses ekuitas properti mereka dengan lebih mudah dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: