Ekosistem Ripple (XRP) Curi Perhatian, Mampu Tumbuh Pesat di Tengah Gugatan SEC di Q1 2023!

Ekosistem Ripple (XRP) Curi Perhatian, Mampu Tumbuh Pesat di Tengah Gugatan SEC di Q1 2023!

Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan oleh platform penelitian crypto, Messari, mengungkap pertumbuhan signifikan dan pencapaian penting Ripple dan ledger XRP di Q1 2023. Laporan ini ditulis oleh Red Sheehan, seorang peneliti, pendidik, dan pengembang Web3. Simak berita lengkapnya berikut ini untuk mengetahui tentang laporan Ripple di Q1 2023!

Key Metrics Menunjukkan Pertumbuhan Ripple

key metrics ripple xrp
Sumber: FX Empire

Dilansir dari BeInCrypto, Ripple Labs mungkin berada dalam pertarungan hukum dengan SEC, tetapi ini tampaknya tidak mempengaruhi pertumbuhan produk utamanya. Aktivitas pada ledger XRP terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pada kuartal pertama 2023, jumlah alamat aktif harian meningkat 13,9% dibandingkan kuartal sebelumnya dengan penambahan lebih dari 140.000 alamat XRP baru di jaringan Ripple. Pada periode yang sama, jumlah transaksi harian yang dicatat di ledger XRP tumbuh 10,7%.

Jumlah alamat baru dan alamat aktif harian adalah metrik kunci untuk mengukur adopsi crypto mana pun. Namun, untuk XRP, angka-angka ini menutupi jumlah pengguna yang lebih tinggi.

Baca Juga: Bukan Amerika, CEO Ripple Pilih Negara Ini Sebagai Pusat Crypto Selanjutnya

Fitur Baru yang Mungkin Mendorong Adopsi

Laporan Sheehan mencatat bahwa peningkatan aktivitas didorong oleh fungsionalitas yang ada. Namun, juga mengarah pada sejumlah fitur baru dan dalam pengembangan yang bisa mendorong adopsi lebih lanjut.

Misalnya, peluncuran standar XLS-20 melihat penciptaan lima jenis transaksi baru untuk NFT. Jika proposal XLS-35d disetujui, standar NFT baru yang lebih efisien akan menciptakan lima jenis transaksi lebih lanjut.

Secara keseluruhan, ledger Ripple melihat 436.000 NFT mint dan 277.000 penawaran NFT diterima di Q1 2023. Meskipun ini menunjukkan penurunan kuartal-ke-kuartal, ini masih merupakan kinerja yang kuat untuk fungsi yang baru diperkenalkan Ripple tahun lalu.

Baca Juga: Dukung Regulasi Crypto AS, CEO Ripple Optimis Akan Ada Terobosan Baru!

Ekosistem Ripple Mengeksplorasi Solusi Multichain

xrp ripple multichain
Sumber: Medium

Selain pembaruan pada rantai utama, komunitas Ripple sedang mengembangkan sidechain dan jembatan untuk lebih memperluas fungsi multichain.

Laporan Messari menyoroti lima proyek yang patut diperhatikan. Proyek pertama, Coreum, adalah jaringan Layer One independen yang dikembangkan oleh Sologenic. Fokus awal proyek adalah untuk menyediakan tokenisasi keamanan.

Sebuah jembatan multichain menghubungkan Coreum ke ledger XRP dan blockchain lainnya. Mainnet Coreum mulai beroperasi pada Maret. Beberapa holder XRP menerima token CORE yang di-airdrop sebagai bagian dari peluncuran.

Pada kesimpulannya, Ripple dan XRP telah menunjukkan kinerja yang mengesankan di Q1 2023 meski Ripple Labs sedang berhadapan dengan gugatan hukum. Pertumbuhan dan perkembangan mereka menunjukkan ketahanan dan potensi yang besar dalam teknologi blockchain.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: