CEO Ripple Sebut Putusan Pengadilan Merupakan Kekalahan Total untuk SEC, Apa Maksudnya?

CEO Ripple Sebut Putusan Pengadilan Merupakan Kekalahan Total untuk SEC, Apa Maksudnya?

CEO Ripple, Brad Garlinghouse, menegaskan bahwa putusan pengadilan terbaru bukanlah kemenangan split, melainkan kekalahan total bagi Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Garlinghouse menyampaikan pernyataan ini sebagai tanggapan terhadap koresponden Fox Business, Charles Gasparino, yang memberikan petunjuk tentang cerita yang berkembang mengenai denda potensial oleh Ripple untuk menyelesaikan bagian dari kasus SEC yang mereka kalah.

Kasus Ripple vs SEC

Pada Desember 2020, SEC menuntut Ripple Labs, mengklaim bahwa penjualan XRP merupakan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar. Jadi, inti dari kasus ini adalah menentukan apakah XRP adalah sekuritas.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Garlinghouse menekankan poin ini dengan menyatakan bahwa kasus ini bukan tentang membayar denda atau sanksi, tetapi tentang menetapkan bahwa XRP bukanlah sekuritas.

Kemenangan Ripple dan Kekalahan SEC

Twitter

Menurut Garlinghouse, Ripple menang dan SEC kalah dalam hal ini. Ia menambahkan bahwa setiap upaya oleh SEC untuk melukis putusan terakhir sebagai semacam kemenangan split adalah memalukan. Pada pertengahan Juli 2023 lalu, pengadilan federal memutuskan bahwa XRP “bukan sekuritas”.

Keputusan ini berlaku untuk penjualan di bursa atau oleh eksekutif, serta distribusi XRP lainnya kepada pengembang, lembaga amal, dan karyawan.

Pengadilan menentukan bahwa penjualan langsung XRP di masa lalu kepada klien institusional dengan total $729 juta adalah satu-satunya hal yang memenuhi syarat sebagai kontrak investasi.

Klarifikasi Pernyataan Pengadilan

Paul Grewal, chief legal officer di Coinbase, mengidentifikasi kesalahpahaman tentang keputusan hakim setelah beberapa orang menunjukkan hasil yang terbagi dalam kasus Ripple:

“Jangan salah paham bahwa Hakim Torres memutuskan bahwa kadang-kadang XRP adalah sekuritas dan kadang-kadang bukan. Itu persis sebaliknya dari apa yang ia putuskan: XRP itu sendiri bukanlah sekuritas.”

Baca Juga: NFTrade Gandeng XRP Ledger Demi Pasar NFT Multi-Rantai dengan Perlindungan Royalti

Setelah putusan terbaru, CEO Ripple Brad Garlinghouse memberitahu reporter Fox Business Charles Gasparino bahwa ia tertarik untuk membahas fakta-fakta.

Ia menjawab bahwa Pengadilan, bukan SEC, yang akan memutuskan apakah akan menghukum atau tidak.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: