Setelah Palau, Ripple Dukung Negara Montenegro Luncurkan Stablecoin Nasional!

Setelah Palau, Ripple Dukung Negara Montenegro Luncurkan Stablecoin Nasional!

Pada 11 April 2023, Bank Sentral Montenegro mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan Ripple untuk pengembangan strategi dan program percontohan untuk mata uang digital Montenegro dalam bentuk mata uang digital bank sentral, atau stablecoin.

Negara ini terletak di sepanjang Mediterania Tengah dan di Eropa Selatan. Montenegro telah menggunakan Euro sebagai mata uangnya sejak diperkenalkan pada tahun 2002, meskipun bukan bagian dari zona Euro.

Seperti apa perjanjian Ripple dengan Montenegro? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seperti Apa Kerjasama Ripple dan Bank Sentral Montenegro?

bank sentral montenegro cbdc
Sumber: U Today

Dilansir dari Cointelegraph, wakil presiden RippleX, James Wallis, mengatakan bahwa rincian lebih detail mengenai keterlibatan bank sentral dan CBDC akan diungkapkan pada akhir tahun 2023.

“Proyek ini akan melalui beberapa tahap, termasuk mengidentifikasi aplikasi praktis mata uang digital atau stablecoin nasional,” ujar Wallis, kepada Cointelegraph, Rabu (12/4/2023).

Wallis menyatakan bahwa tahap sandbox direncanakan untuk menempatkan mata uang digital masa depan ke dalam sirkulasi dalam kondisi yang terkendali.

“Kami akan bekerja sama dengan Bank Sentral untuk menentukan kasus penggunaan, faktor kunci keberhasilan, dan jadwal. Proyek ini akan dimulai pada Maret 2023 ini,” tambahnya.

Baca Juga: Komunitas ETH Merapat, Vitalik Buterin Bakal Jadi Pembicara di EDCON 2023!

Gubernur Bank Sentral Montenegro, Radoje Žugić, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bank sentral akan bekerja sama dengan pemerintah dan komunitas akademis untuk menganalisis keuntungan dan risiko yang dapat ditimbulkan oleh CBDC atau stablecoin nasional sehubungan dengan ketersediaan alat pembayaran elektronik, keamanan, efisiensi, kepatuhan terhadap peraturan, dan yang terpenting adalah perlindungan terhadap hak-hak dan privasi pengguna.

“Sebagai bank sentral yang berkomitmen untuk mengikuti tren perbankan nasional modern, Bank Sentral Montenegro secara aktif memastikan bahwa mereka mempertahankan sistem keuangan yang efisien,” jelas Žugić, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (12/4/2023).

Ripple Punya Beberapa Proyek CBDC di Seluruh Dunia

proyek ripple cbdc
Sumber: Akun Twitter Dritan Abazovic

Kesepakatan yang akan berlangsung antara Ripple dan Bank Sentral Montenegro diumumkan oleh Perdana Menteri Montenegro, Dritan Abazovic, dalam sebuah tweet dari Forum Ekonomi Dunia Davos pada bulan Januari 2023.

Ripple telah menggembar-gemborkan ekspansinya di industri CBDC selama berbulan-bulan. Wallis mengatakan bahwa perusahaan ini memiliki beberapa proyek CBDC yang sedang berlangsung di seluruh dunia.

Sebelumnya, pada Desember 2022, Ripple juga bekerjasama dengan negara Palau untuk meluncurkan stablecoin nasional. Baca berita lengkapnya di Ripple Dukung Negara Palau Untuk Luncurkan Stablecoin Sendiri, XRP To The Moon?

Referensi: