Terobosan Baru di Dunia Crypto: Ripple dan Axelar Ubah Game Tokenisasi Aset!

Terobosan Baru di Dunia Crypto: Ripple dan Axelar Ubah Game Tokenisasi Aset!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan industri crypto, Ripple telah berkolaborasi dengan Axelar untuk membawa interoperabilitas ke tingkat berikutnya di XRP Ledger (XRPL), menargetkan tokenisasi aset dunia nyata (RWA) yang revolusioner. Kolaborasi ini menjanjikan era baru dalam tokenisasi dan komunikasi lintas rantai, membuka potensi tak terbatas untuk pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan peningkatan likuiditas aset.

Interoperabilitas yang Meningkatkan Inovasi

Kemitraan antara Ripple dan Axelar memungkinkan pengembang untuk menggunakan Protokol General Message Passing (GMP) Axelar, memfasilitasi eksekusi panggilan pada kontrak pintar yang berada di lebih dari 55 blockchain. Ini memungkinkan penyebaran dApps lintas rantai di XRPL, membuka jalan bagi inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam tokenisasi dan pertukaran aset.

Integrasi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan XRPL tetapi juga memperluas cakupannya dalam layanan keuangan. Dengan menggabungkan keandalan dan stabilitas XRPL yang telah teruji selama satu dekade dengan jaringan Axelar, pengembang kini memiliki akses ke platform yang tepercaya untuk tokenisasi dan pertukaran aset yang efisien.

Baca Juga: Rencana IPO Ripple di AS Dibatalkan, Apa Langkah Selanjutnya?

Membuka Peluang Baru untuk Tokenisasi Aset

tokenisasi aset axelar dan ripple
Sumber: Akun X Axelar Network

Kolaborasi ini membuka pintu untuk tokenisasi RWA, dengan real estat, komoditas, serta surat berharga dan obligasi sebagai kasus penggunaan utama. David Schwartz, CTO Ripple dan salah satu pencipta XRPL, menekankan potensi tokenisasi RWA dalam mendorong ekonomi blockchain ke depan.

Dengan integrasi XRPL dan protokol Axelar, pengembang dapat memanfaatkan fitur-fitur asli XRPL seperti bursa terdesentralisasi (DEX), pembuat pasar otomatis (AMM) yang akan datang, dan sistem pembayaran yang terkenal aman dan efisien. Pendekatan keamanan lintas rantai Axelar, yang didasarkan pada validasi proof-of-stake tanpa izin, menjamin transaksi yang aman di seluruh blockchain yang terhubung.

Baca Juga: Ripple dan FTA Australia: Kolaborasi Potensial yang Mengubah Lanskap Pembayaran!

Masa Depan Cerah untuk Ekonomi Blockchain

Tokenisasi RWA diperkirakan akan menjadi kasus penggunaan “pembunuh” berikutnya dalam crypto, dengan potensi pasar mencapai antara $4 triliun hingga $5 triliun pada tahun 2030. Pertumbuhan ini diperkirakan akan didorong oleh tokenisasi ekuitas swasta, real estat, dan pasar utang, dengan ekuitas swasta kemungkinan menjadi kelas aset yang paling banyak ditokenisasi karena propertinya yang mendukung likuiditas dan fraksionalisasi.

Kemitraan antara Ripple dan Axelar menandai langkah penting dalam evolusi XRPL dan ekosistem crypto secara keseluruhan. Dengan memungkinkan tokenisasi dan pertukaran aset dunia nyata dan crypto-native secara efisien, kolaborasi ini menjanjikan untuk membuka kemungkinan baru yang akan membentuk masa depan ekonomi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: