Menjelang Bitcoin Halving, Riot Platforms Investasi Besar-besaran di Rig Mining Bitcoin!

Menjelang Bitcoin Halving, Riot Platforms Investasi Besar-besaran di Rig Mining Bitcoin!

Dalam langkah strategis menjelang Bitcoin Halving pada April 2024, Riot Platforms telah mengumumkan pembelian masif rig penambangan Bitcoin senilai $291 juta dari MicroBT. Kesepakatan ini mencakup 66.560 unit rig penambangan, yang merupakan ekspansi terbesar dalam sejarah perusahaan. Pembelian ini diharapkan dapat meningkatkan performa penambangan Riot secara signifikan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ekspansi Hash Rate Terbesar Riot Platforms

ekspansi hash rate riot platforms
Sumber: Akun X Riot Platforms

Riot Platforms, salah satu penambang Bitcoin terkemuka, baru-baru ini mengumumkan pembelian 66.560 rig penambangan dari MicroBT. Pembelian ini merupakan bagian dari ekspansi hash rate terbesar dalam sejarah perusahaan, dengan total nilai kesepakatan mencapai $290,5 juta.

CEO Riot Platforms, Jason Les, menyatakan bahwa ini adalah “pesanan hash rate terbesar” yang pernah ada di perusahaan dan berharap dapat meningkatkan performa penambangan mereka lebih jauh lagi.

Dengan penambahan ini, Riot Platforms akan menambahkan 18 exahashes per detik (EH/s) ke operasi penambangannya. Sebanyak 48.000 unit dari rig yang dibeli adalah model terbaru M66S dari MicroBT, yang memiliki hash rate sebesar 250 terahashes per detik (TH/s). Sisanya terdiri dari model M66 dan M56S++.

Rig-rig ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada paruh kedua tahun 2024, dengan kapasitas hash rate mandiri perusahaan diperkirakan mencapai 38 EH/s setelah semua rig terpasang dan berfungsi.

Baca Juga: Operasi Mining Bitcoin China di AS: Ancaman Keamanan Nasional?

Penambang Bitcoin Meningkatkan Produksi

cleanspark mining
Sumber: Akun X Cleanspark

CleanSpark, salah satu penambang Bitcoin, melaporkan peningkatan produksi menjadi 666 BTC pada November, naik 5,2% dari Oktober dan 24% dari November tahun sebelumnya. CEO CleanSpark, Zach Bradford, menyebutkan bahwa peningkatan produksi ini sebagian besar disebabkan oleh kenaikan biaya transaksi, yang diduga kuat berkaitan dengan meningkatnya minat pada Ordinals.

Di sisi lain, TeraWulf, yang juga terdaftar di Nasdaq, melaporkan penambangan sebanyak 323 BTC pada November, naik 3% dari produksi Oktober. Perusahaan ini menyatakan bahwa peningkatan ini banyak didorong oleh biaya transaksi jaringan yang lebih tinggi.

Sementara itu, Hut 8 telah menyelesaikan merger dengan Bitcoin Corp untuk membentuk Hut 8 Corp, yang mulai diperdagangkan di Nasdaq dan Toronto Stock Exchange pada 4 Desember, meskipun debutnya di bursa tampak kurang mengesankan dengan penurunan harga saham.

Baca Juga: Terobosan Baru Trojan Mining: Luncurkan Situs Mining Bitcoin Berdaya 500KW!

Prospek Pasar Crypto Menjelang Bitcoin Halving

rig mining riot platforms
Ringkasan pembelian kesepakatan terbaru Riot dengan MicroBT. Sumber: Platform Riot

Pembelian besar-besaran oleh Riot Platforms menunjukkan optimisme yang kuat di pasar crypto menjelang peristiwa Bitcoin halving pada April 2024. Halving ini diperkirakan akan mempengaruhi dinamika penawaran dan permintaan Bitcoin, yang secara historis telah berdampak positif pada harga Bitcoin.

Riot Platforms, dengan ekspansi ini, berharap dapat memanfaatkan potensi kenaikan harga yang mungkin terjadi pasca-halving. Saham Riot Platforms sendiri telah mengalami kenaikan hampir 9% pada 4 Desember, dan kini telah naik lebih dari 345% sepanjang tahun 2023. Ini menunjukkan bahwa investor memiliki pandangan yang positif terhadap strategi pertumbuhan perusahaan dan prospek industri penambangan Bitcoin secara keseluruhan.

Kesepakatan pembelian rig penambangan Bitcoin oleh Riot Platforms menandai langkah besar dalam industri penambangan crypto. Dengan penambahan kapasitas hash rate yang signifikan, Riot Platforms bersiap untuk memperkuat posisinya di pasar menjelang halving Bitcoin. Ini merupakan sinyal yang jelas bahwa industri crypto terus berkembang, meskipun menghadapi tantangan dan volatilitas pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: