Riot Platforms: Meroketnya Pendapatan dari Penambangan Bitcoin di Tahun 2023

Riot Platforms: Meroketnya Pendapatan dari Penambangan Bitcoin di Tahun 2023

Perusahaan pertambangan Bitcoin, Riot Platforms, mencatatkan peningkatan pendapatan yang signifikan di tahun 2023. Perusahaan ini berhasil meraup pendapatan sebesar $280,7 juta, naik 8% dari pendapatan tahun 2022 yang sebesar $259,2 juta. Kenaikan pendapatan ini sebagian besar berasal dari penambangan Bitcoin, yang menyumbang $189 juta (67%) dari total pendapatan, naik 20% dari tahun 2022. Peningkatan pendapatan penambangan Bitcoin ini didorong oleh produksi Bitcoin yang lebih tinggi dan kenaikan harga Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kinerja Riot Platforms di Tahun 2023

Riot Platforms, yang mengoperasikan fasilitas penambangan Bitcoin terbesar di Amerika Utara di Rockdale, Texas, berhasil meningkatkan produksi Bitcoin sebesar 19% dari tahun ke tahun, dari 5.554 BTC di tahun 2022 menjadi 6.626 BTC di tahun 2023. Perusahaan ini mencapai pertumbuhan ini meskipun mengurangi konsumsi daya lebih dari 95% selama periode puncak permintaan energi, sebagai bagian dari strategi daya uniknya yang mendukung jaringan ERCOT di Texas.

Peningkatan produksi Bitcoin sebesar 19% ini bertepatan dengan penurunan besar dalam biaya rata-rata penambangan setiap Bitcoin, yang menunjukkan masa depan keuangan yang positif bagi perusahaan. Riot Platforms juga memperoleh pendapatan dari sumber lain, termasuk teknik ($64,3 juta), data center hosting ($27,3 juta), dan layanan tambahan ($0,1 juta), menghasilkan $91,7 juta.

Namun, pendapatan tersebut tidak cukup untuk membayar peningkatan biaya Riot pada tahun 2023, seperti peningkatan kapasitas penambangan, staf, dan biaya listrik. Akibatnya, perusahaan mencatat rugi bersih sebesar $49,5 juta, penurunan yang cukup besar dari rugi bersihnya sebesar $509,6 juta di tahun 2022.

Baca Juga: Uniswap Meroket 72,83% Hari Ini (24/2), Apa Faktor Utamanya?

Ekspansi Kapasitas Penambangan

harga saham riot
Harga saham Riot Platforms selama satu bulan terakhir. Sumber: Google Finance

Riot Platforms meningkatkan kapasitas hash rate sebesar 28% di tahun 2023, mencapai rekor 12,4 EH/s per 31 Desember 2023. Perusahaan ini juga berencana untuk menambah kapasitas secara online di fasilitas Corsicana yang baru di Texas sepanjang tahun 2024. Target hash rate perusahaan adalah mencapai 28 EH/s pada akhir tahun 2024, 38 EH/s pada akhir tahun 2025, dan akhirnya 100 EH/s dan seterusnya, menurut CEO Riot, Jason Les.

Ekspansi hash rate perusahaan terjadi di tengah lonjakan kesulitan penambangan Bitcoin, yang mengukur seberapa sulit menemukan blok baru di jaringan Bitcoin. Kesulitan penambangan Bitcoin mencapai rekor tertinggi 81,73 triliun pada 16 Februari 2024.

Kesulitan tersebut diperkirakan akan mencapai 100 triliun sebelum halving Bitcoin berikutnya, yang diperkirakan akan terjadi pada bulan April 2024. Halving akan mengurangi hadiah blok dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC, membuat penambangan Bitcoin lebih kompetitif dan kurang menguntungkan.

Baca Juga: Brave Browser Gandeng Solana, Revolusi Hadiah Crypto untuk Penggunanya!

Strategi Riot Platforms Hadapi Tantangan

Di tengah meningkatnya kesulitan penambangan Bitcoin, Riot Platforms mengambil langkah strategis untuk mempertahankan profitabilitasnya. Perusahaan ini mengakuisisi 33.000 penambang Bitcoin baru pada bulan Juni 2023, menjelang acara _halving_ tahun 2024.

Investasi sekitar $138,5 juta dalam penambang ini menunjukkan kepercayaan Riot Platforms terhadap masa depan penambangan Bitcoin dan peningkatan nilai Bitcoin yang diharapkan. Penambang generasi berikutnya ini akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2024, menambah 7,6 exahashes per second (EH/s) ke kapasitas penambangan mandiri Riot Platforms, sehingga totalnya menjadi 20,1 EH/s.

Kesimpulan

Riot Platforms berhasil mencatatkan kinerja yang mengesankan di tahun 2023. Perusahaan ini meningkatkan produksi Bitcoin, menurunkan biaya penambangan, dan memperluas kapasitas hash rate.

Meskipun menghadapi tantangan seperti meningkatnya kesulitan penambangan Bitcoin dan pengawasan peraturan yang ketat, Riot Platforms mengambil langkah strategis untuk mempertahankan profitabilitasnya.

Dengan rencana ekspansi yang ambisius dan komitmen terhadap inovasi, Riot Platforms tampaknya siap untuk terus tumbuh dan berkembang di industri penambangan Bitcoin yang kompetitif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi