Ringkasan Web Summit Lisbon 2022: Negara-Negara Ini Jadi Target Hub Tekno Web3 di Masa Depan!

Ringkasan Web Summit Lisbon 2022: Negara-Negara Ini Jadi Target Hub Tekno Web3 di Masa Depan!

Pada 1 November – 4 November 2022 lalu, Web Summit tahunan diadakan di Lisbon, dan membahas mengenai perkembangan kemunculan hub teknologi Web3 yang ada di seluruh dunia. Pembicara pada acara tersebut antara lain adalah Zach Coelius, Managing Partner di Coelius Capital; Laura González-Estéfani, pendiri dan CEO TheVentureCity; dan Oscar Ramos, mitra umum Orbit Startups.

Topik utama dari acara ini adalah ‘Di mana tujuan utama untuk berkarir di dunia crypto?’. Dilansir dari Cointelegraph, bagi sebagian orang, lokasi utama yang terpilih adalah Miami atau Silicon Valley. Namun, ada pula beberapa orang yang berpendapat, Singapura atau Seoul. Selain itu, tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa hanya dengan memiliki koneksi internet yang stabil, terlepas dari lokasinya, sudah cukup bagi seseorang untuk berkarir di ranah Web3.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak selengkapnya berikut ini!

San Francisco Bay Area Bisa Menjadi Hub Tekno Berikutnya

González-Estéfani, yang lahir di Spanyol dan menghabiskan waktunya di San Francisco Bay Area dan Miami, menyampaikan bahwa hub teknologi berikutnya akan menjadi tempat di mana orang bisa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan dari berbagai partner, investor dan pembangun ekosistem.

“Bay Area sangat mudah dijangkau. Siapapun yang ada disana akan bersedia membantu Anda. Orang-orang melihat Anda, dan mereka akan jatuh cinta dengan visi Anda. Jika Anda membutuhkan pendanaan, akan ada banyak pengusaha yang bersedia membantu Anda. Namun, jika Anda pergi ke Miami, Anda akan menemukan pengusaha dari segala usia dan dari seluruh dunia. Eropa, di sisi lain, jauh lebih konservatif,” ujar González-Estéfani, dikutip dari CoinTelegraph, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Fukuoka Gandeng Astar Japan Labs, Berencana Untuk Jadi Web3 Hub di Jepang

Teknologi Web3 Bisa Menyebar ke Seluruh Dunia

Teknologi Web3 Bisa Menyebar ke Seluruh Dunia
cointelegraph.com

Namun, pendapat González-Estéfani tersebut tidak digaungkan oleh Zach Coelius, yang awalnya lahir di Minnesota dan pindah ke Bay Area pada tahun 2005. Coelius menanggapi hal ini dengan sangat berbeda, “Ketika saya pertama kali tiba, saya melihat miliaran demi miliaran dolar mengalir ke industri teknologi,” ujar Coelius.

“Namun energi itu, yang tadinya terpusat di Bay Area, kini telah tersebar ke seluruh dunia. Jadi, apakah itu Miami, Lisbon atau Kosovo, ada inovasi luar biasa yang terjadi di seluruh dunia,” tambahnya.

Coelius juga menambahkan bahwa groupthink di Bay Area adalah faktor utama mengapa ia percaya hub teknologi Web3 berikutnya akan berada di lokasi yang tersebar di seluruh dunia:

“Banyak orang berpikir dengan cara yang sama. Mereka pergi ke pesta yang sama, mereka memainkan permainan yang sama, mereka memikirkan hal yang sama. Dan itu membuat segalanya menjadi sangat membosankan. Jadi, saya pribadi sangat senang dengan semua ide baru yang muncul untuk orang-orang di seluruh dunia.” ujar Coelius, dikutip dari CoinTelegraph, Kamis (3/11/2022).

Perkembangan Teknologi di China

Oscar Ramos yang berasal dari Madrid, namun telah lama tinggal di Asia selama 15 tahun terakhir meyakini bahwa perkembangan teknologi di masa depan akan terpusat di Timur. Ramos juga menyampaikan bahwa ketika ia sedang berada di China, ia melihat bagaimana teknikal sistem di China berubah dari waktu ke waktu.

Ramos berkata, “Ketika saya pertama kali tiba di sana, saya tidak dapat membayar apapun secara online. Anda akan memerlukan bantuan dari orang lain, dan Anda harus membayarnya kembali kepada orang itu. Dan sekarang, ada pasar yang saat ini kami lihat sebagai ekosistem fintech tercanggih di dunia.”

Tentang Web Summit 2022

epocanegocios.globo.com

Salah satu konferensi teknologi terbesar di dunia dimulai di ibu kota Portugis, Lisbon, pada hari Selasa, 1 November 2022 dengan penyelenggara mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sulit tentang cryptocurrency.

Dilansir dari Forbes India, diperkirakan ada 100.000 orang yang berkumpul di Lisbon untuk menghadiri Web Summit 2022 selama empat hari berturut-turut.

Konferensi ini berupaya untuk menyatukan perusahaan startup, investor, pemimpin bisnis, dan beberapa pembicara yang terkenal, salah satunya Noam Chomsky dan juara tinju kelas berat Oleksandr Usyk yang termasuk ke dalam jajaran pembicara Web Summit tahun ini.

Referensi: