Biografi Richard Teng, CEO Baru Binance yang Gantikan Changpeng Zhao!

author:

Biografi Richard Teng, CEO Baru Binance yang Gantikan Changpeng Zhao!

Richard Teng, yang sebelumnya menjabat di otoritas keuangan Singapura dan Abu Dhabi, kini telah ditunjuk sebagai CEO Binance yang baru, salah satu bursa crypto populer di dunia. Dengan lebih dari tiga puluh tahun pengalaman di sektor jasa keuangan dan regulasi, diharapkan Teng dapat membawa Binance menuju era baru. Sebenarnya, siapa itu Richard Teng?

Perjalanan Profesional Richard Teng

Lahir di Singapura pada tahun 1971, Richard Teng adalah seorang profesional berpengalaman dengan lebih dari tiga puluh tahun pengalaman di sektor jasa keuangan dan regulasi. Sebelum menjadi bagian dari Binance, Teng memegang posisi sebagai CEO Otoritas Regulasi Layanan Keuangan di Abu Dhabi Global Market (ADGM).

Tidak hanya itu, Teng, yang kini berusia 52 tahun, juga pernah menjadi Chief Regulatory Officer di Bursa Singapura (SGX) dan Direktur Keuangan Korporat di Otoritas Moneter Singapura (MAS). Teng memperoleh gelar sarjana di bidang Akuntansi dari Nanyang Technological University (NTU) sebelum meraih gelar Master di bidang Finance dari University of Western Australia, menurut biografinya di situs web Binance.

Baca juga: Heboh! Whale Binance Kumpulkan 2.700 BNB di Tengah Proses Penyelidikan Pencucian Uang

Teng bergabung dengan Binance pada Agustus 2021 sebagai CEO Binance Singapura. Tak lama kemudian, dia memegang peran yang mengawasi wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, wilayah Eropa, dan akhirnya semua wilayah di luar AS sebagai Kepala Pasar Regional di Binance. Dalam posisi ini, dia memimpin tim regional untuk membangun kemitraan strategis, mendorong ekosistem inovasi, dan memperluas ekosistem crypto di wilayah masing-masing.

Richard Teng sebagai CEO Binance

Pada November 2023, Teng mengambil alih posisi Changpeng Zhao sebagai CEO Binance, setelah Zhao mengundurkan diri dan mengakui pelanggaran hukum anti pencucian uang AS sebagai bagian dari penyelesaian $4,3 miliar yang menyelesaikan penyelidikan bertahun-tahun terhadap bursa crypto terbesar di dunia.

Sebagai CEO baru Binance, Teng berfokus pada meyakinkan pengguna bahwa mereka dapat tetap percaya pada kekuatan finansial, keamanan, dan keselamatan perusahaan.

Dia menambahkan bahwa dia akan berkolaborasi dengan regulator untuk “menegakkan standar tinggi secara global yang mendorong inovasi sambil memberikan perlindungan konsumen yang penting”, dan bekerja sama dengan mitra untuk “mendorong pertumbuhan dan adopsi Web3”.

Dengan pengalaman dan keahliannya, Richard Teng diharapkan dapat membawa Binance ke era baru yang lebih baik dan lebih aman bagi pengguna. Dia juga diharapkan dapat menjaga kepercayaan pengguna dan memperkuat posisi Binance sebagai bursa crypto terbesar di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: