Pembayaran Berbasis Blockchain: Transaksi Lintas Batas Makin Mudah dengan Kerjasama Alipay!

Pembayaran Berbasis Blockchain: Transaksi Lintas Batas Makin Mudah dengan Kerjasama Alipay!

Bakong, mata uang digital yang dioperasikan oleh Bank Nasional Kamboja (NBC), kini semakin memperluas jangkauannya. Dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Alipay, pengguna bakong kini dapat mengakses jaringan pedagang Alipay dan melakukan transaksi lintas batas dengan mudah.

Bakong dan Alipay, Kolaborasi Masa Depan

Bakong bukanlah mata uang digital bank sentral (CBDC), melainkan layanan pembayaran digital yang dioperasikan oleh NBC dengan teknologi blockchain. Mata uang ini menjadi tanggungan bank komersial yang menggunakannya. Bakong memungkinkan pengguna untuk memiliki akun dalam dolar Amerika dan riel Kamboja.

Dengan MoU ini, kamu yang merupakan pengguna bakong dapat menggunakan riel dari dompet bakong untuk berbelanja di 83 juta pedagang di seluruh dunia yang tergabung dalam jaringan Alipay.

Baca Juga: Bank Central China: “Transaksi Uang Digital China Capai 100 Miliar Yuan!”

Selain itu, turis China yang memiliki akun dengan sistem pembayaran elektronik Alipay besar China sekarang dapat berbelanja di Kamboja menggunakan kode QR dari sistem bakong KHQR. Gubernur NBC, Chea Serey, menyatakan bahwa ini adalah langkah besar bagi ekonomi Kamboja yang sangat dolarisasi.

Bakong, Solusi Pembayaran Lintas Batas

Meningkatnya Minat Terhadap Pembayaran Bitcoin

Diluncurkan pada tahun 2020, bakong dirancang untuk mengirim remitansi dan melakukan pembelian. Aplikasi seluler bakong dikembangkan bekerja sama dengan blockchain Soramitsu Jepang.

Pada bulan Agustus, Soramitsu mengumumkan rencana untuk menggunakan bakong untuk mengembangkan sistem pembayaran lintas batas yang mencakup India, China, dan Jepang. Bakong sudah digunakan di Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Dengan kerjasama ini, pedagang lokal sekarang dapat menggunakan jaringan KHQR dari sistem Bakong untuk melakukan pembayaran ke lebih dari 80 juta pedagang Alipay di seluruh dunia. Ini adalah langkah besar bagi ekonomi Kamboja dan pengguna bakong.

Kerjasama Bakong dan UnionPay

Pada bulan Juli, NBC menandatangani MoU dengan UnionPay International China tentang penggunaan kode QR untuk pembayaran lintas batas. Ini menunjukkan bahwa bakong terus berupaya untuk memperluas jangkauan dan memudahkan transaksi bagi penggunanya, baik di dalam maupun luar negeri.

Paragraf Penutup

Dengan kerjasama ini, bakong semakin menunjukkan potensinya sebagai solusi pembayaran digital masa depan. Dengan jangkauan yang semakin luas dan kemudahan transaksi lintas batas, bakong semakin memudahkan kehidupan penggunanya.

Baca Juga: Makin Canggih, WeChat Integrasikan Yuan Digital ke Dalam Platform Pembayarannya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi