Revolusi Tata Kelola XRPL: Langkah Berani Ripple Menuju Transparansi dan Inklusivitas!

author:

Revolusi Tata Kelola XRPL: Langkah Berani Ripple Menuju Transparansi dan Inklusivitas!

Dalam langkah yang mengejutkan industri crypto, Ripple’s Chief Technology Officer, David Schwartz, baru-baru ini mengungkapkan dukungannya terhadap proposal tata kelola baru untuk XRPL Foundation.

Dengan visi untuk meningkatkan transparansi dan proses demokratis dalam tata kelola XRPL, proposal ini menjanjikan era baru partisipasi komunitas dan evolusi yang didorong oleh anggota.

Apakah ini awal dari transformasi besar dalam ekosistem Ripple?

Dukungan CTO Ripple Terhadap Perubahan Tata Kelola

revolusi xrpl
Sumber: X

David Schwartz, CTO Ripple, telah secara terbuka mendukung proposal baru yang bertujuan untuk mereformasi struktur tata kelola XRPL Foundation.

Baca juga: Heboh, Perubahan Tata Kelola Ledger XRP dan Dampaknya pada Dunia Crypto!

Dalam serangkaian postingan, Schwartz menekankan pentingnya masukan komunitas terhadap proposal tersebut, yang ia gambarkan sebagai “straw man” yang dirancang untuk merangsang dialog terbuka dan mengumpulkan berbagai saran.

Schwartz menegaskan bahwa proposal ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan proses demokratis dalam tata kelola XRPL, menegaskan bahwa setiap anggota komunitas berhak untuk berkontribusi ide.

Perubahan yang diusulkan diharapkan dapat mendorong kerangka kerja yang lebih demokratis, mengundang komunitas untuk berpartisipasi aktif dalam evolusi Foundation.

Mengatasi Kekhawatiran Komunitas

David Fuelling, pengusul perubahan tata kelola, telah menjelaskan kepada komunitas XRPL tentang waktu dan motivasi di balik proposalnya. Fuelling menjelaskan bahwa proposalnya didorong oleh sentimen lama dalam komunitas untuk suara yang lebih berdampak dalam urusan XRPL.

Dengan mengusulkan perubahan dalam XRPLF, Fuelling bertujuan untuk lebih dekat mengikuti prinsip desentralisasi dan organisasi demokratis. Fuelling mengklarifikasi bahwa proposalnya bukan kritik tetapi visi pribadi untuk membangun struktur Foundation yang ada, mengusulkan model keanggotaan yang lebih jelas dan mekanisme pendanaan yang berkelanjutan.

Baca juga: Kolaborasi Mengejutkan! Liminal dan XRPL Buka Era Baru di Dunia Crypto

Visi Menuju Entitas yang Lebih Inklusif dan Dipimpin Anggota

Visi Fuelling meluas untuk mengubah XRPLF menjadi entitas yang lebih inklusif dan dipimpin oleh anggotanya. Proposalnya, yang ia bagikan dengan pemimpin dan pengembang XRPL Foundation sebelum dirilis secara publik, bertujuan untuk melibatkan komunitas dalam dialog transparan daripada deliberasi pribadi.

Meskipun beberapa kekhawatiran telah diangkat atas implikasi proposal, Fuelling mempertahankan bahwa tujuannya adalah untuk memungkinkan pendanaan berkelanjutan untuk Foundation tanpa mengorbankan integritasnya.

Ia meminta upaya kolektif untuk menyempurnakan proposal, memastikan itu sejalan dengan etos komunitas dan tujuan XRPL Foundation.

Dengan proposal tata kelola baru yang berani ini, Ripple menunjukkan komitmennya terhadap transparansi dan inklusivitas. Langkah ini dapat menandai awal dari transformasi besar dalam ekosistem XRPL, membuka jalan bagi partisipasi komunitas yang lebih besar dan evolusi yang didorong oleh anggota.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: