Revolusi SPL20 di Solana: Era Baru Seni Digital yang Lebih Aman dan Permanen!

author:

Revolusi SPL20 di Solana: Era Baru Seni Digital yang Lebih Aman dan Permanen!

Solana kini mengalami transformasi besar dalam dunia seni digital dengan pengenalan SPL20, sebuah inovasi yang berpotensi mengubah cara kita melihat NFT dan seni digital secara keseluruhan.

Era Baru SPL20 di Solana

Menurut cuitan akun Helius dari @heliuslabs, SPL20 di Solana merupakan evolusi penting dalam menyimpan seni digital. Berbeda dengan NFT biasa yang menyimpan seni mereka di layanan pihak ketiga seperti Arweave, SPL20 memungkinkan penyimpanan gambar langsung di blockchain, memberikan setiap gambar alamat uniknya sendiri, bukan hanya tautan HTML.

spl20 solana
Sumber: X

Inovasi ini terinspirasi dari standar BRC-20 Bitcoin, menciptakan token yang dapat ditukar (yang dinamakan SLP20). Setiap inskripsi SPL20 dianggap unik berdasarkan kapan mereka dibuat, menambahkan elemen FOMO untuk mendorong lebih banyak inskripsi langsung di blockchain.

Keunggulan dan Tantangan SPL20

SPL20 membawa beberapa keunggulan signifikan. Salah satunya adalah integritas dan ketahanan seni digital yang lebih terjamin, sebagaimana dijelaskan oleh @heliuslabs. Keunikan SPL20 juga terletak pada kemampuannya untuk melakukan perubahan, seperti pergantian ciri atau siklus siang dan malam untuk NFT gaming, sebuah langkah maju dari NFT konvensional.

Namun, SPL20 juga membawa tantangan. Para kritikus menyoroti potensi peningkatan kebutuhan bandwidth untuk validator dan biaya infrastruktur karena penyimpanan file besar langsung di blockchain Solana. Selain itu, ada argumen bahwa Solana sebenarnya tidak memerlukan SPL20 untuk fungsionalitas NFT, mengingat kemampuannya yang sudah mumpuni dalam menangani transaksi dan penyimpanan NFT kompleks.

Masa Depan SPL20 dan Solana

Inskripsi SPL20 diperkuat oleh LibrePlex, sebuah kolektif kontributor dan tim di ekosistem Solana. Mereka berkomitmen pada kerangka kerja open-source dan kebijakan nol pajak cetak, menurut informasi dari @heliuslabs. Blockrons menjadi pelopor dalam inskripsi Solana dengan menjadi koleksi NFT pertama yang sepenuhnya on-chain, menandai dimulainya era baru untuk kepermanenan dan kemampuan on-chain NFT.

Meskipun menghadapi beberapa tantangan, SPL20 menawarkan visi masa depan di mana seni digital aman, permanen, dan terintegrasi sepenuhnya dalam jaringan. Penting untuk menyeimbangkan antusiasme dengan pemahaman realistis tentang keterbatasan dan area perbaikan SPL20 saat kita menyambut inovasi ini.

SPL20 telah memulai era baru di dunia seni digital di Solana, menjanjikan keamanan, keabadian, dan integrasi yang lebih mendalam. Meskipun terdapat tantangan dan kritik, potensi SPL20 dalam mengubah landskap NFT dan seni digital tidak bisa diabaikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.