Revolusi Sertifikat di Nigeria: NYSC Kini Berbasis Blockchain!

Revolusi Sertifikat di Nigeria: NYSC Kini Berbasis Blockchain!

Nigeria, negara dengan populasi terbesar di Afrika, kini memperkenalkan inovasi besar dalam sistem pendidikannya.

Dengan bantuan teknologi blockchain, sertifikat National Youth Service Corps (NYSC) kini akan lebih otentik dan mudah diverifikasi.

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana hal ini bisa terjadi? Mari kita jelajahi lebih dalam.

Latar Belakang Penerapan Blockchain pada NYSC

NYSC adalah program di Nigeria yang mengharuskan lulusan universitas di bawah 30 tahun untuk menjalani periode layanan nasional selama satu tahun yang melibatkan proyek pengembangan komunitas dan integrasi lintas budaya.

Baca Juga: Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah

Direktur Jenderal NITDA, Kashifu Inuwa Abdullahi, mengungkapkan bahwa sertifikat NYSC telah rentan terhadap pemalsuan di Nigeria. Oleh karena itu, solusi berbasis blockchain diperkenalkan untuk mengatasi masalah ini.

Bagaimana Teknologi Blockchain Diterapkan?

Pernyataan ini terjadi saat Dialog Kebijakan Pemangku Kepentingan yang berfokus pada pelaksanaan Kebijakan Blockchain Nasional.

Acara ini diorganisir oleh NITDA bekerja sama dengan Stakeholders in Blockchain Technology Association of Nigeria (SiBAN).

Inisiatif ini bertujuan untuk menyimpan semua sertifikat NYSC di blockchain, memberikan individu sarana untuk dengan mudah memverifikasi dan mengautentikasi mereka.

Potensi Ekonomi dari Penerapan Blockchain

nigeria digital identity

Menurut kepala NITDA, blockchain menawarkan potensi ekonomi yang signifikan.

Abdullahi mengatakan:

“Saya percaya blockchain, dengan kemampuan untuk menambahkan $1,7 triliun ke PDB global, akan menjadi teknologi yang baik bagi Nigeria untuk dimanfaatkan. Dan jika kita memposisikan diri dengan baik berdasarkan laporan BWC, Nigeria dapat menambahkan sekitar $40 miliar ke PDB-nya pada tahun 2030.”

Dengan penerapan teknologi blockchain ini, Nigeria berharap untuk meningkatkan kepercayaan dan integritas dalam sistem pendidikan mereka, serta memanfaatkan potensi ekonomi yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Baca Juga: Sempat Batasi Penarikan Uang, Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai! Crypto Solusinya?

Kamu, sebagai pihak yang tertarik dengan perkembangan teknologi dan pendidikan, tentunya perlu memperhatikan langkah progresif ini yang diambil oleh Nigeria.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: