Revolusi Regulasi Crypto di Malta: Sinkronisasi dengan Aturan MiCA EU yang Mendunia!

Revolusi Regulasi Crypto di Malta: Sinkronisasi dengan Aturan MiCA EU yang Mendunia!

Malta, yang dikenal sebagai salah satu negara pionir dalam regulasi crypto, kini sedang mempersiapkan diri untuk revolusi besar.

Otoritas Layanan Keuangan Malta (MFSA) telah memulai konsultasi publik mengenai perubahan dalam regulasi mereka untuk selaras dengan regulasi crypto (MiCA) Eropa yang dijadwalkan mulai berlaku pada Desember 2024.

Perubahan Utama dalam Regulasi Crypto Malta

MFSA telah mengusulkan perubahan pada aturan untuk bursa, penyimpan, dan manajer portofolio agar selaras dengan regulasi MiCA EU.

Salah satu perubahan yang menonjol adalah penghapusan persyaratan audit sistem bagi pemegang lisensi VFA.

Baca Juga: Sah! Uni Eropa Resmi Menandatangani Regulasi Baru untuk Crypto

Persyaratan modal untuk pemegang lisensi Kelas 3 dan 4 telah dikurangi menjadi $133,000 (125.000 euro) dan $159.000 (150.000 euro) masing-masing. Selain itu, persyaratan asuransi ganti rugi profesional telah dihapus.

Persyaratan outsourcing telah diperbarui sesuai dengan MiCA, dan aturan spesifik layanan MiCA telah dimasukkan ke dalam buku aturan VFA.

Pilihan Malta: Sinkronisasi atau Menunggu?

Crypto Eropa
Pilihan Malta: Sinkronisasi atau Menunggu?

Dengan diberlakukannya regulasi MiCA, semua regulasi yang ada di negara-negara anggota EU akan digantikan oleh hukum MiCA universal.

Sebagai anggota EU, Malta memiliki 2 pilihan: menunggu 18 bulan sebelum hukum MiCA berlaku atau mengubah regulasi yang ada agar selaras dengan hukum EU universal.

Baca Juga: Strategi Metaverse Uni Eropa: Menelaah Privasi, Persaingan, dan Hak

Pilihan kedua dipilih oleh regulator. Dalam wawancara pada Oktober tahun lalu, regulator menyatakan bahwa modifikasi dini pada regulasi crypto yang ada akan membantu pemegang lisensi VFA beralih ke hukum berbasis MiCA dan memperoleh lisensi EU.

Kerangka kerja VFA Malta awalnya didasarkan pada prinsip-prinsip Direktif Pasar Instrumen Keuangan (MiFID), dengan MiCA mengambil beberapa prinsip dari buku aturan yang sama.

Respons Negara-negara EU Lainnya

Tidak hanya Malta, negara anggota EU lainnya seperti Prancis juga telah mengubah pedoman regulasi crypto mereka untuk selaras dengan MiCA, yang akan berlaku pada awal 2024.

Malta dan Prancis dikenal memiliki rezim hukum yang canggih yang mengantisipasi norma-norma EU dan menjadi rumah bagi perusahaan crypto ternama seperti Crypto.com dan OKCoin.

Paragraf Penutup

Konsultasi publik yang diinisiasi oleh Otoritas Layanan Keuangan Malta merupakan langkah kritis dalam upaya negara untuk selaras dengan regulasi MiCA yang akan datang.

Dengan perubahan yang diusulkan, Malta berharap dapat mempermudah proses bagi pemegang lisensi VFA dan memastikan transisi yang mulus ke era regulasi crypto yang baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: