Revolusi Pembayaran Eropa: Aturan Baru EU Dikatakan Bisa Membuka Pintu bagi Stablecoin

author:

Revolusi Pembayaran Eropa: Aturan Baru EU Dikatakan Bisa Membuka Pintu bagi Stablecoin

Komisi Eropa telah mengungkapkan rincian tambahan mengenai reformasi aturan pembayaran EU, memberikan kejelasan tentang bagaimana kerangka kerja baru akan mempengaruhi stablecoin. Dengan perubahan ini, dunia stablecoin mungkin akan melihat perubahan signifikan dalam cara mereka beroperasi di Eropa.

Reformasi Pembayaran EU dan Dampaknya pada Stablecoin

uni eropa buat proyek blockchain
Sumber: Ledger Insights

Pada 28 Juni 2023 lalu, Komisi Eropa mengajukan serangkaian proposal untuk memperbarui regulasi seputar stablecoin dan layanan keuangan lainnya. Reformasi ini, dikenal sebagai Payment Services Directive 3 (PSD3) dan Payment Services Regulation (PSR), bertujuan untuk mengatur pembayaran digital di seluruh Uni Eropa.

Eric Ducoulombier, Kepala Pembayaran di Komisi Eropa, menulis dalam ulasannya bahwa salah satu proposal akan berupaya memungkinkan non-bank untuk mengakses sistem pembayaran. Ini berarti penerbit stablecoin akan dapat membuka akun di Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menyimpan cadangan stablecoin di bank tersebut.

Proposal ini akan menjalani tinjauan oleh Dewan dan Parlemen Eropa sebelum menjadi undang-undang. PSD3 yang telah disempurnakan dan Peraturan Layanan Pembayaran kemungkinan tidak akan berlaku hingga paling cepat tahun 2026.

Baca juga: Hedera Gebrak Pasar dengan Peluncuran “Stablecoin Studio”, Apa Dampaknya bagi HBAR?

Bagaimana Aturan Baru Ini Menguntungkan Stablecoin?

regulasi stablecoin amerika serikat
Sumber: Deccan Herald

Patrick Hansen, Direktur Strategi & Kebijakan EU di Circle, menyatakan bahwa tinjauan aturan pembayaran EU yang direncanakan akan sangat menguntungkan stablecoin, memberikan penerbit akses ke sistem pembayaran bank sentral.

“Penerbit Stablecoin (EMT) akan dapat mengakses sistem pembayaran bank sentral, melindungi dana di bank sentral, dan tidak akan mengalami kesulitan untuk membuka rekening bank.”

Hansen mencatat bahwa tinjauan yang diusulkan akan memungkinkan penerbit stablecoin untuk lebih mudah membuka rekening bank. Dia menambahkan bahwa tinjauan ini adalah inovasi yang baik untuk meningkatkan persaingan di sektor pembayaran EU.

Stablecoin adalah mata uang crypto yang berusaha menyesuaikan nilai pasar mereka dengan referensi eksternal. Meskipun aset ini telah mendapat sorotan tajam, stablecoin yang didukung oleh fiat telah melampaui Mastercard dan PayPal dalam memindahkan nilai lebih banyak di jaringan mereka.

Dengan reformasi pembayaran yang diusulkan oleh Komisi Eropa, industri stablecoin mungkin akan melihat perubahan besar dalam operasional mereka di Eropa.

Meskipun masih ada banyak yang harus dilihat, langkah ini menunjukkan komitmen Uni Eropa untuk memastikan bahwa teknologi keuangan baru diatur dengan cara yang adil dan transparan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: