Revolusi Pemakaman di Era Digital: Jepang Luncurkan Kuburan Virtual di Metaverse!

author:

Revolusi Pemakaman di Era Digital: Jepang Luncurkan Kuburan Virtual di Metaverse!

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya berkunjung ke kuburan tanpa harus meninggalkan rumah? Alpha Club Musashino, sebuah perusahaan asal Tokyo, Jepang, telah meredefinisi cara kita berduka dengan meluncurkan kuburan virtual di Metaverse. Simak selanjutnya yuk!

Alpha Club Musashino dan Gerakan Kuburan Metaverse

Alpha Club Musashino, perusahaan yang bergerak di bidang layanan pemakaman, tengah mengeksplorasi metaverse sebagai solusi untuk mengatasi tantangan emosional dari proses berduka.

Mereka sedang mengembangkan kuburan virtual yang dapat diakses oleh teman dan keluarga almarhum kapan saja. Inisiatif ini bertujuan untuk memungkinkan kamu dan orang-orang terkasih—terutama mereka yang tinggal jauh atau memiliki jadwal yang sibuk—untuk memberikan penghormatan secara virtual.

Kamu dapat mengakses kuburan metaverse melalui komputer atau ponsel, diwakili oleh avatar, dan bergabung dengan orang lain dalam mengenang orang yang kamu cintai secara virtual.

Baca juga: Terobosan Baru! SophiaVerse dan Decentraland Gabungkan Dunia Metaverse dan AI

Di dalam ruang virtual ini, kamu akan memiliki kemampuan untuk melihat foto almarhum, memberikan bunga virtual, meninggalkan pesan di buku belasungkawa, dan berinteraksi dengan orang lain menggunakan fungsi obrolan yang tertanam.

Norma Budaya yang Berubah dan Peran Metaverse di Masa Depan

Perusahaan ini bahkan mempertimbangkan untuk menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan representasi digital dari orang yang telah meninggal—termasuk penampilan, suara, dan kepribadian mereka. Peluncuran ruang virtual ini diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun ini.

Proyek ini menunjukkan bagaimana solusi digital Web3 berhasil mengatasi hambatan dan tantangan dunia nyata.

Dengan adanya kuburan virtual ini, proses berduka dapat menjadi lebih mudah dan fleksibel, sekaligus membuka peluang baru dalam cara kita mengenang dan merayakan kehidupan orang yang telah tiada.

Pada akhirnya, inovasi ini membuka mata kita tentang bagaimana teknologi, khususnya Metaverse, dapat mengubah cara kita berinteraksi dan berduka. Dengan kuburan virtual, kita dapat memberikan penghormatan dan mengenang orang yang telah tiada tanpa batasan waktu dan ruang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: