Revolution Baru dalam Monetisasi Media: Bitcoin Lightning Network!

Revolution Baru dalam Monetisasi Media: Bitcoin Lightning Network!

Apakah kamu pernah membayangkan jika setiap kali kamu “bereaksi” pada suatu postingan dengan emoji tertawa atau api, kamu bisa menambahkan sedikit Bitcoin untuk pembuat konten?

Inilah yang mungkin terjadi dengan berbagai alat monetisasi Lightning baru yang diperkenalkan hari ini oleh perusahaan Lightning, Mash, dan perusahaan media Bitcoin populer, Tales From the Crypt (TFTC).

Alat Monetisasi Lightning: Solusi Baru untuk Monetisasi Konten

Mash dan TFTC telah menciptakan plugin untuk pembuat konten menerima tips dan donasi dalam Bitcoin Lightning.

Tujuan mereka adalah untuk mengurangi ketergantungan media pada iklan dan langganan untuk menghasilkan uang dari penciptaan konten dan jurnalisme. Bitcoin Lightning Network adalah solusi lapis kedua untuk meningkatkan kapasitas transaksi Bitcoin.

Baca Juga: Adopsi Bitcoin Lightning Network Semakin Meluas, Kini Ada CashApp

Ini menjanjikan transaksi instan dengan biaya rendah melalui saluran off-chain, mengurangi kemacetan di blockchain utama. Perusahaan media yang tertarik untuk mendaftar plugin harus bergabung dengan daftar tunggu untuk saat ini.

Setelah tersedia, pengguna dapat menggunakan rangkaian alat baru dengan menempelkan beberapa kode (mirip dengan Google Analytics atau sejenisnya) ke backend situs web mereka untuk menginstal opsi monetisasi terkait Lightning.

Interaksi Langsung dengan Content Creator

cara mendapatkan uang dari content creator crypto

Dengan alat ini, pengguna kemudian dapat memilih konten dengan Bitcoin mereka, menyumbang ke situs web, atau “bereaksi” pada paragraf tertentu dalam artikel yang menonjol bagi mereka—gratis atau dengan donasi Bitcoin kecil yang dilampirkan. Dengan cara ini, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan pembuat konten.

Harapan bagi perusahaan media adalah bahwa menyediakan cara baru bagi pengguna untuk terlibat akan membuat mereka terus kembali ke situs web.

“Perusahaan media telah diperas oleh platform big-tech selama bertahun-tahun—untuk lalu lintas, dan siapa yang benar-benar mendapatkan pendapatan dari konten yang diproduksi. Dan ini tidak semakin mudah,” kata Jared Nusinoff, pendiri dan CEO Mash.

Paragraf Penutup

Meskipun beberapa situs web telah mengintegrasikan Lightning, metode pembayaran ini belum populer di mainstream. Namun, Nusinoff mencatat bahwa Lightning baru cukup matang untuk bereksperimen dengan benar selama beberapa tahun terakhir.

“Kami telah mulai melihat pertumbuhan dengan banyak eksperimen awal ini, dan seiring semakin banyak perusahaan yang mengintegrasikan lightning, efek jaringan tumbuh dan semakin mudah,” kata Nusinoff.

Baca Juga: Heboh! Pertumbuhan Jaringan Lightning Bitcoin Melonjak 1.200% dalam 2 Tahun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi