Sah, ETF Bitcoin Spot Pertama di AS Siap Diperdagangkan Hari Ini!

Sah, ETF Bitcoin Spot Pertama di AS Siap Diperdagangkan Hari Ini!

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto yang akan mengubah peta pasar keuangan global. Menurut analis Bloomberg, ETF Bitcoin spot, yang telah lama ditunggu-tunggu, akan mulai diperdagangkan pada tanggal 11 Januari 2023. Ini merupakan langkah besar dalam evolusi aset digital, memberikan akses yang lebih luas kepada investor di seluruh dunia. Simak berita lengkapnya hari ini!

Debut ETF Bitcoin Spot

debut etf bitcoin spot
Sumber: Akun X James Seyffart

Persetujuan efektif S-1 telah diberikan, menandakan bahwa perdagangan ETF Bitcoin spot akan dimulai secepatnya. James Seyffart, analis ETF Bloomberg, mengungkapkan bahwa setelah persetujuan dari SEC terhadap 11 ETF Bitcoin spot, tidak ada lagi langkah yang diperlukan untuk memulai perdagangan.

Seyffart, yang sebelumnya memprediksi peluncuran ETF Bitcoin spot dalam beberapa hari setelah persetujuan, mengonfirmasi bahwa perdagangan akan dimulai tanpa penundaan lebih lanjut.

Produk ETF terkait crypto sebelumnya biasanya diluncurkan dalam waktu dua minggu setelah mendapatkan persetujuan. Contohnya, ETF Strategi Bitcoin ProShares, yang merupakan ETF terkait Bitcoin pertama yang disetujui SEC, mulai diperdagangkan delapan hari setelah persetujuannya pada Oktober 2021. Seyffart menambahkan bahwa proses untuk ETF Bitcoin spot berbeda, sehingga bisa memakan waktu lebih singkat.

Baca Juga: Kabar Crypto Hari Ini: SEC Resmi Setujui ETF Bitcoin Spot Pertama!

Dampak Besar pada Pasar Keuangan

btc etf approval
Sumber: Gabor Gurbacs

VanEck, manajer dana global, memperkirakan bahwa sekitar $2,4 miliar akan mengalir ke produk Bitcoin spot pada kuartal pertama tahun 2024. Sementara itu, Bitwise, sebuah dana investasi crypto, memprediksi bahwa ETF Bitcoin spot akan menjadi produk ETF paling sukses yang pernah diluncurkan, dengan potensi mengumpulkan aset senilai $72 miliar dalam lima tahun.

Namun, tidak semua orang yakin bahwa ETF Bitcoin akan langsung memecahkan rekor. Gabor Gurbacs, penasihat VanEck, berpendapat bahwa awal dari ETF Bitcoin mungkin akan dianggap mengecewakan, tetapi dalam jangka panjang, bisa membawa triliunan dolar modal baru ke industri.

Persetujuan ini membuka jalan bagi raksasa keuangan tradisional untuk meluncurkan kendaraan investasi yang memberikan eksposur terhadap Bitcoin yang diatur kepada investor institusional di Amerika Serikat untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Prospek Jangka Panjang Bitcoin

Meskipun ada spekulasi mengenai kinerja jangka pendek dana tersebut, analis sepakat bahwa ETF Bitcoin spot akan sangat menguntungkan harga Bitcoin dalam jangka panjang. Dengan Bitcoin saat ini diperdagangkan di $46,410, naik 1,52% dari waktu persetujuan ETF, prospeknya tampak cerah. Galaxy Digital, sebuah firma investasi crypto, memprediksi bahwa Bitcoin akan diperdagangkan setidaknya 74% lebih tinggi dari awal tahun.

Kesimpulan

Peluncuran ETF Bitcoin spot ini tidak hanya merupakan tonggak penting dalam sejarah crypto, tetapi juga membuka babak baru dalam dunia keuangan global. Dengan akses yang lebih mudah dan regulasi yang lebih jelas, masa depan Bitcoin dan aset digital lainnya tampak semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: