Revolusi ID Digital Berbasis Blockchain: Argentina dan Brasil Memimpin Perubahan!

Revolusi ID Digital Berbasis Blockchain: Argentina dan Brasil Memimpin Perubahan!

Dua negara raksasa Amerika Latin, Argentina dan Brasil, telah memulai revolusi dalam sistem identifikasi warga negaranya. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, kedua negara ini berharap dapat meningkatkan keamanan, efisiensi, dan transparansi dalam pelayanan publik mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Buenos Aires: Menghadirkan ID Digital untuk Jutaan Warganya

revolusi digital brasil
Sumber: Akun X Serpro

Kota Buenos Aires telah mengumumkan peluncuran dompet ID digital berbasis blockchain yang berfokus pada privasi bernama Quarkid. Proyek ini memungkinkan warganya untuk mengunduh dompet “self-sovereign” yang berisi sertifikat kelahiran dan pernikahan mereka.

Quarkid, yang sebelumnya dikenal sebagai Tangoid, akan menggunakan protokol Ethereum L2 yang dikenal dengan Zksync Era. Ini memungkinkan penggunaan bukti matematis untuk tujuan privasi dan kerahasiaan.

Pemerintah Buenos Aires berencana untuk memperluas layanan ini ke seluruh Argentina, dengan harapan dapat mencakup semua 45 juta warganya.

Baca Juga: Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Brasil: Menggabungkan Keamanan dan Efisiensi dengan Teknologi Blockchain

brasil dan revolusi digital
Sumber: The Brazilian Report

Pemerintah Brasil telah mengembangkan jaringan blockchain untuk mendukung peluncuran kartu identitas nasional baru mereka. Jaringan ini akan mendukung layanan bersama dari badan pendapatan federal dan badan identifikasi sipil.

Kartu Identitas Sipil Nasional (ICN) adalah versi upgrade dari kartu ID kertas yang ada di Brasil. Dengan kartu baru ini, pemerintah Brasil berharap dapat mengcentralisasi proses dan mengurangi penipuan.

Tiga negara bagian Brasil, yaitu Rio de Janeiro, Goiás, dan Paraná, akan menjadi yang pertama mengimplementasikan versi berbasis blockchain dari layanan bersama badan pendapatan nasional untuk mengeluarkan kartu ID baru.

Baca Juga: Adopsi Crypto Melonjak 44%, Bank Sentral Brasil Berusaha Perketat Regulasi!

Masa Depan Teknologi Blockchain di Amerika Latin

Dilansir dari Cointelegraph, teknologi blockchain menawarkan banyak keuntungan, terutama dalam hal keamanan dan transparansi. Ini adalah langkah besar menuju masa depan yang lebih aman dan efisien untuk layanan pemerintah di Amerika Latin.

Dengan adopsi teknologi ini, Argentina dan Brasil berharap dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain di kawasan tersebut.

Selain itu, ada potensi kolaborasi antara pasar di Amerika Latin untuk mengadopsi teknologi ini dalam berbagai sektor lainnya.

Revolusi identifikasi digital berbasis blockchain di Argentina dan Brasil menunjukkan potensi besar teknologi ini dalam meningkatkan pelayanan publik. Dengan keamanan dan efisiensi yang ditawarkannya, tidak diragukan lagi bahwa teknologi ini akan menjadi standar baru di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: