Revolusi Hijau di Dunia Crypto: Marathon Digital Ubah Methane Jadi Bitcoin!

Revolusi Hijau di Dunia Crypto: Marathon Digital Ubah Methane Jadi Bitcoin!

Dalam sebuah langkah inovatif yang menggabungkan teknologi blockchain dengan solusi energi terbarukan, Marathon Digital telah memulai proyek percontohan di Utah untuk menambang Bitcoin menggunakan listrik yang dihasilkan dari gas metana yang diperoleh dari tempat pembuangan sampah. Proyek ini tidak hanya menjanjikan peningkatan efisiensi energi tetapi juga kontribusi signifikan terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pilot Proyek Mining Berkelanjutan

nodal power data center
Sumber: PRNewswire

Proyek percontohan 280-kW ini merupakan kerjasama antara Marathon Digital dan Nodal Power, yang mengkhususkan diri dalam memproduksi energi dari gas landfill di Amerika Serikat.

Proyek ini adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas dari Marathon untuk menangkap metana yang dikeluarkan dari landfill, mengubahnya menjadi listrik, dan menggunakan listrik tersebut untuk menambang Bitcoin.

CEO Marathon, Fred Thiel, menyatakan bahwa jika proyek percontohan ini berhasil, mereka berharap dapat memperluas kegiatan ini dan membantu operator landfill mencapai target lingkungan mereka.

Baca Juga: Wow, Stronghold Akuisisi 2.000 Rig Mining Bitcoin dari Canaan Senilai $3 Juta!

Menambang Bitcoin dengan Energi Hijau

energi hijau mining bitcoin
Sumber: Akun X Nodal Power

Penambang Bitcoin seperti Marathon Digital sedang aktif mencari solusi energi hijau untuk mengurangi biaya dan dampak lingkungan.

Proyek ini juga menunjukkan bahwa mining crypto di landfill praktis dan memiliki banyak keuntungan, tidak hanya untuk penambang dan pemilik landfill tetapi juga untuk lingkungan.

Menurut PBB, metana memiliki dampak yang lebih merusak bagi lingkungan dibandingkan dengan karbon dioksida, sehingga penggunaan metana sebagai sumber energi memiliki nilai tambah lingkungan yang signifikan.

Baca Juga: Menuju Mining yang Eco-Friendly, Para Penambang Bitcoin Beralih ke Energi Alternatif!

Dampak Ekonomi dan Lingkungan

Meskipun Marathon Digital melaporkan pendapatan kuartal kedua yang tidak memenuhi ekspektasi, perusahaan berhasil menambang rekor 2.926 Bitcoin.

Pendapatan kuartal kedua meningkat 228% dari tahun ke tahun menjadi $132,8 juta, menunjukkan potensi ekonomi dari mining Bitcoin yang berkelanjutan.

Proyek ini juga sejalan dengan janji ‘Net Zero’, di mana Bitcoin dan teknologi blockchain lainnya berusaha untuk mengurangi jejak karbon mereka.

Proyek percontohan Marathon Digital di Utah mungkin menjadi titik balik dalam industri mining crypto, menunjukkan bahwa teknologi blockchain dan keberlanjutan lingkungan dapat berjalan seiring.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: