Revolusi Digital Yuan: Solusi Efisiensi Pembayaran Lintas Batas di Industri Minyak dan Gas!

Revolusi Digital Yuan: Solusi Efisiensi Pembayaran Lintas Batas di Industri Minyak dan Gas!

Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, mata uang digital atau crypto menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan. Salah satunya adalah digital yuan atau e-CNY, yang kini tengah dipertimbangkan untuk aplikasi pembayaran lintas batas di sektor minyak dan gas antara daratan China dan Hong Kong. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Digital Yuan, Solusi Pembayaran Lintas Batas

Menurut Di Gang, wakil direktur jenderal dari Digital Currency Institute of the People’s Bank of China, kerangka kerja kerjasama antara daratan China dan Hong Kong memberikan ruang untuk menjajaki aplikasi digital yuan dalam pembayaran lintas batas untuk perdagangan jasa dan komoditas, termasuk minyak dan gas. Di Gang mengungkapkan hal ini dalam acara Hong Kong FinTech Week yang berlangsung pada hari Jumat, 3 November 2023.

Dalam survei yang dilakukan, banyak perusahaan yang menghadapi kesulitan karena saluran pembayaran lintas batas yang tunggal, biaya tinggi, dan efisiensi rendah. Oleh karena itu, mereka menunjukkan keinginan kuat untuk menggunakan digital yuan untuk meredakan biaya pembayaran lintas batas.

Baca Juga: Bank Tiongkok Dorong Digital Yuan Sebagai Opsi Utama Pembayaran Ritel

Pilot Aplikasi Digital Yuan

Di Gang menambahkan bahwa aplikasi pilot digital yuan antara daratan China dan Hong Kong dapat dipertimbangkan berdasarkan ekspansi skenario aplikasi pribadi dan peningkatan pengalaman pengguna. Proyek terkait telah membuat kemajuan substansial.

Penerapan digital yuan ini diharapkan dapat membantu perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas untuk mengatasi tantangan dalam pembayaran lintas batas. Dengan digital yuan, proses pembayaran dapat menjadi lebih efisien dan biaya transaksi dapat ditekan.

Baca Juga: Makin Canggih, China Luncurkan Sistem Pembayaran Digital Yuan!

Masa Depan Digital Yuan

masa depan yuan digital china
Sumber: Bitcoin News

Dengan potensi yang ditawarkan oleh digital yuan, bukan tidak mungkin jika mata uang digital ini akan menjadi solusi utama dalam transaksi lintas batas di masa depan. Selain itu, digital yuan juga dapat menjadi pionir dalam penggunaan crypto di berbagai sektor lainnya. Namun, tentu saja, masih banyak tantangan yang harus dihadapi.

Mulai dari regulasi, penerimaan masyarakat, hingga isu keamanan. Namun, dengan kemajuan teknologi dan peningkatan pemahaman masyarakat tentang crypto, masa depan digital yuan tampaknya sangat menjanjikan.

Dengan adanya digital yuan, harapan untuk efisiensi dan efektivitas dalam transaksi lintas batas semakin terbuka lebar. Meski masih ada tantangan yang harus dihadapi, namun dengan kerjasama dan inovasi, digital yuan berpotensi menjadi game changer dalam dunia keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: