Revolusi Digital Lari: Georgia Gandeng Ripple untuk Mata Uang Digital Pionir!

Revolusi Digital Lari: Georgia Gandeng Ripple untuk Mata Uang Digital Pionir!

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan dunia keuangan, Bank Nasional Georgia (NBG) telah memilih Ripple sebagai mitra teknologi utama untuk proyek percontohan Digital Lari, mata uang digital bank sentral (CBDC) mereka. Kolaborasi ini tidak hanya menggarisbawahi inovasi dalam ekosistem pembayaran digital tetapi juga menandai era baru dalam pengembangan mata uang digital di Georgia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seleksi Mitra Teknologi

Ripple terpilih melalui proses seleksi yang kompetitif, menonjol karena pemahaman mendalam tentang tujuan dan kasus penggunaan proyek, serta komitmen penuh terhadap keberhasilan proyek.

NBG menekankan bahwa Ripple memiliki pengalaman nyata dalam penyebaran proyek percontohan, mulai dari infrastruktur digital CBDC dasar hingga kontrak pintar dan tokenisasi.

Ripple akan menggunakan platform CBDC mereka yang telah memenangkan penghargaan untuk membantu NBG dalam menciptakan, mengelola, dan melakukan transaksi dengan Digital Lari.

Baca Juga: Resmi! Presiden Rusia Vladimir Putin Telah Menandatangani Undang-Undang CBDC Rubel Digital

Penerapan Teknologi CBDC Ripple

penerapan teknologi cbdc ripple
Sumber: Ripple

Platform CBDC Ripple, yang didukung oleh XRP Ledger (XRPL), akan digunakan untuk mengevaluasi kasus penggunaan praktis Digital Lari dan manfaat potensialnya bagi sektor publik, bisnis, dan pengguna ritel.

Teknologi ini menonjol karena efisiensi energi dan sifat open-source dari XRPL, yang memungkinkan transaksi blockchain yang aman dan transparan.

Ripple telah mengumumkan lima program percontohan dengan pemerintah dan bank sentral di Bhutan, Palau, Montenegro, Kolombia, dan Hong Kong, dan sedang dalam diskusi dengan lebih dari 20 negara lainnya.

Baca Juga: SBI Pimpin Integrasi UPI dengan Digital Rupee: Langkah Besar Menuju Transaksi Digital di India!

Dampak Global dan Inovasi

Kolaborasi ini menegaskan posisi Ripple sebagai pemimpin dalam solusi blockchain dan kripto perusahaan, dengan NBG yang mengambil langkah proaktif dalam inovasi blockchain.

Dengan memanfaatkan platform CBDC Ripple, proyek percontohan ini akan membuka jalan bagi kemajuan transformatif dalam pemanfaatan teknologi blockchain dalam sektor publik.

Kemitraan dengan NBG menunjukkan komitmen Ripple untuk mendorong inovasi dan efisiensi, pada akhirnya memberdayakan entitas publik dan swasta untuk membuka potensi penuh dari transaksi blockchain yang aman dan transparan.

Kemitraan antara Bank Nasional Georgia dan Ripple dalam proyek Digital Lari menandai langkah signifikan dalam perjalanan menuju masa depan keuangan digital. Dengan mengintegrasikan teknologi blockchain canggih ke dalam sistem moneter nasional, Georgia tidak hanya memperkuat ekonomi digitalnya tetapi juga menetapkan standar baru dalam pengembangan CBDC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: