Revolusi Crypto di Brazil: Mendorong Kompetisi dan Inovasi

Revolusi Crypto di Brazil: Mendorong Kompetisi dan Inovasi

Pasar crypto di Brazil sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan. CEO Coinext, José Ribeiro, berbicara tentang bagaimana regulasi crypto yang jelas telah mendorong kompetisi dan inovasi dalam sektor pembayaran negara tersebut.

Perkembangan Pasar Crypto di Brazil

Menurut José Ribeiro, CEO Coinext, volume transaksi Bitcoin di Brazil akan mencapai level rekor pada tahun 2023. Hal ini didorong oleh semakin banyaknya bursa crypto global yang mulai beroperasi di negara tersebut, seperti Binance, OKX, dan Coinbase. “Kompetisi telah meningkat secara signifikan, yang merupakan bagian dari bisnis dari perspektif adopsi crypto.

Negara ini memiliki sejarah dengan inflasi, dan saya melihat bahwa suku bunga akan turun tahun depan dan kita akan memasuki siklus baru,” kata Ribeiro. Suku bunga acuan di Brazil saat ini adalah 12,25%, turun dari 12,75%, dan diperkirakan akan mencapai 9,25% pada Desember 2024.

Baca Juga: Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Selain suku bunga yang lebih rendah, faktor global seperti persetujuan dana perdagangan bursa Bitcoin di Amerika Serikat dan pemotongan setengah Bitcoin diharapkan mempengaruhi harga. Namun, menurut Ribeiro, komunitas crypto harus fokus pada fundamental daripada pergerakan harga.

Regulasi dan Inovasi di Sektor Pembayaran

adopsi crypto brasil

Ribeiro juga menekankan pentingnya kerangka regulasi dalam mendorong inovasi di negara tersebut. “Kami sangat maju dalam hal bentuk untuk mematuhi otoritas pajak,” kata Ribeiro, merujuk pada laporan bulanan yang diajukan ke otoritas pajak setempat tentang transaksi yang dilakukan di bursa.

Menurut CEO Coinext, regulator Brazil bersedia untuk berdiskusi tentang crypto dan pembayaran. Dalam beberapa tahun terakhir, bank sentral Brazil telah menerapkan sistem pembayaran Pix, yang memungkinkan pembayaran instan antara individu dan bisnis.

Untuk transaksi Pix, pengguna hanya membutuhkan pengenal kunci penerima Pix, seperti nomor ID, nomor telepon seluler, atau bahkan alamat email.

Paragraf Penutup

Brazil juga sedang mengerjakan mata uang digital bank sentralnya, yang dikenal sebagai DREX, yang diharapkan akan tersedia tahun depan. “Ini akan membawa Brazil ke level lain dalam hal adopsi Blockchain, dalam hal menggunakan blockchain sebagai infrastruktur untuk seluruh industri pasar keuangan,” kata Ribeiro.

Baca Juga: Susul Negara Lainnya, Brasil Telah Sahkan RUU Crypto Sebagai Metode Pembayaran!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi