Revolusi Blockchain di India: NPCI, IBBIC, dan Inisiatif Bank-Bank Terkemuka

Revolusi Blockchain di India: NPCI, IBBIC, dan Inisiatif Bank-Bank Terkemuka

India sedang mengalami revolusi teknologi dengan adopsi blockchain yang semakin meningkat di sektor perbankan dan pembayaran.

Dari NPCI yang mencari kepala teknologi blockchain hingga 15 bank yang membentuk IBBIC, inisiatif ini menunjukkan komitmen India untuk memanfaatkan teknologi ini.

NPCI Mencari Kepala Teknologi Blockchain

National Payments Corporation Of India (NPCI), yang diinisiasi oleh Reserve Bank of India (RBI) dan 247 perusahaan perbankan India, sedang mencari seorang ahli teknologi blockchain berpengalaman.

Baca Juga: Masih Getol, India Bahas Standar Protokol Operasi Crypto Dengan Anggota G20

NPCI, yang mengoperasikan Unified Payments Interface (UPI), telah memposting lowongan pekerjaan di LinkedIn untuk posisi ini.

Kandidat yang ideal akan memiliki pengalaman minimal 6 tahun dalam mengembangkan dan mengimplementasikan blockchain.

15 Bank Membentuk IBBIC dengan Teknologi Blockchain

Lowongan Kerja Blockchain Bank India
National Crime Agency

Sebanyak 15 bank telah bergabung untuk membentuk perusahaan baru, Indian Banks’ Blockchain Infrastructure Co Pvt Ltd (IBBIC), yang akan menggunakan teknologi blockchain untuk memproses surat kredit dalam negeri. Bank-bank ini termasuk RBL Bank, ICICI Bank, HDFC Bank, dan lainnya.

Sistem baru ini akan memverifikasi data menggunakan faktur pada barang dan jasa serta e-way bills, mempercepat transaksi dan menghilangkan risiko penipuan.

Lowongan Pekerjaan di IBBIC

Meskipun informasi spesifik dari LinkedIn tidak dapat diakses, diketahui bahwa IBBIC sedang merekrut untuk berbagai posisi berdasarkan informasi dari sumber lain.

Dengan 15 bank sebagai pemegang saham, perusahaan ini menunjukkan potensi besar dalam mengubah lanskap keuangan India dengan teknologi blockchain.

Paragraf Penutup

Dengan adopsi blockchain yang semakin meningkat, India menunjukkan potensi besar dalam memimpin revolusi teknologi ini di Asia Selatan. Dengan NPCI dan IBBIC di garis depan, masa depan teknologi blockchain dan adopsi blockchain di India tampak cerah.

Baca Juga: Pemerintah India Siapkan Aturan Crypto di Tengah Ajang G20

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: