Revitalisasi Pasar Crypto: Singapura Memimpin Stablecoin dan CBDC!

Revitalisasi Pasar Crypto: Singapura Memimpin Stablecoin dan CBDC!

Dalam upaya memperkuat posisinya sebagai pusat keuangan digital di Asia, Singapura melalui Otoritas Moneter Singapura (MAS) telah mengambil langkah-langkah signifikan dalam pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC) dan stablecoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Memperluas Cakupan CBDC

MAS telah mengumumkan rencana untuk memulai uji coba langsung CBDC grosir dan upaya untuk memperluas kerangka kerja. CBDC menjadi prioritas utama dalam agenda mereka. Mereka berencana menggunakan Orchid Blueprint, sebuah inisiatif yang dirancang untuk mendorong aplikasi inovatif mata uang digital di negara tersebut.

Kerangka kerja teknologi ini akan memfasilitasi adopsi mata uang digital di Singapura. Pilot pertama akan melibatkan penggunaan CBDC grosir ‘langsung’ untuk menyelesaikan pembayaran ritel antara bank komersial. Rencana masa depan bisa mencakup penggunaan CBDC grosir ‘langsung’ untuk penyelesaian perdagangan sekuritas lintas batas.

Baca Juga: Mastercard Gandeng Ripple dan ConsenSys: Misi Baru untuk Revolusi CBDC!

Singapura Mempercepat Balapan Stablecoin

Singapura telah mengeluarkan lisensi prinsip kepada sejumlah penerbit stablecoin di negara tersebut pada 16 November. Langkah ini diambil beberapa jam setelah broker crypto Paxos menerima persetujuan awal dari MAS untuk menerbitkan stablecoin yang didukung oleh dolar AS di Singapura.

Persetujuan ini merupakan langkah maju bagi Singapura dalam bersaing di pusat keuangan Asia, untuk segmen kunci pasar crypto senilai $127 miliar. Persetujuan ini juga membuka jalan bagi penerbit stablecoin lainnya di negara tersebut yang menunggu sinyal hijau hukum untuk maju.

Baca Juga: CBDC Amerika: Siapkah Kamu Untuk Mata Uang Digital Baru dalam 3-5 Tahun Mendatang?

Upaya Negara Asia Menjadi Pusat Keuangan Stablecoin

singapura stablecoin
Sumber: Akun X Cryptonews

Singapura, Jepang, dan Hong Kong baru-baru ini menjadi sorotan karena upaya mereka untuk memperkuat diri, kebijakan regulasi, dan kemitraan mereka di industri crypto. Di Jepang, raksasa perbankan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc., mengatakan sebelumnya tahun ini bahwa mereka sedang berbicara dengan perusahaan di balik stablecoin global populer serta perusahaan lain tentang penerbitan token semacam itu.

Sementara itu, Hong Kong juga sedang berbicara untuk membuat perdagangan crypto, stablecoin, dan pekerjaan terkait menjadi lancar bagi populasi yang mengincar pasar keuangan yang direvolusi dengan aset digital.

Dengan langkah-langkah ini, Singapura menunjukkan ambisi besar untuk menjadi pemimpin dalam revolusi mata uang digital. Dengan fokus pada pengembangan CBDC dan stablecoin, Singapura berpotensi menjadi pusat keuangan digital utama di Asia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: