Restaking di Eigen Layer: Revolusi Investasi Crypto 2024 yang Tak Boleh Terlewat!

author:

Restaking di Eigen Layer: Revolusi Investasi Crypto 2024 yang Tak Boleh Terlewat!

Menurut cuitan akun Louround di X (Twitter) Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun besar bagi Eigen Layer dengan narasi restaking yang menggemparkan. Jika kamu pernah melewatkan LSDfi, L1, dan L2, kini saatnya untuk menyimak peluang besar di restaking Eigen Layer!

Ethereum: Dari PoW ke PoS

Perubahan Ethereum dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS) membuka dinamika baru di pasar crypto. Seperti ditunjukkan oleh @LidoFinance di Twitter, ini menciptakan pasar Derivatif Staking Likuid (LSDfi) senilai $30 miliar. @LidoFinance memimpin pasar dengan menawarkan kemungkinan untuk menyetor ETH dan mendapatkan versi likuidnya, yaitu $stETH.

Baca juga: Apa itu DeSci (Desentralized Science)? Intip 5 Proyek Unggulan DeSci, Yuk!

Menurut cuitan @SteakCapital, LSDfi menjadi sektor terbesar DeFi dengan kapitalisasi lebih dari $31 miliar. Ini menandai era baru di mana investor bisa mendapatkan posisi strategis di sektor LSDfi.

Eigen Layer dan AVS

@eigenlayer menggunakan Token Staking Likuid untuk memperkenalkan Restaking untuk Layanan Validasi Aktif (AVS). Menurut Louround di Twitter, AVS memastikan infrastruktur seperti jembatan dan oracle terjaga keamanan dan desentralisasinya. Dengan menyetorkan LST di Eigen Layer, pengguna mendapatkan yield tambahan dan poin (potensi airdrop).

AVS juga memastikan bahwa infrastruktur esensial dalam ekosistem crypto tetap aman dan terdesentralisasi. Ini menambahkan lapisan keamanan tambahan yang sangat dibutuhkan dalam ekosistem yang berkembang.

Konsep LRT: Token Restaking Likuid

liquid staking tokens
Sumber: Minke

Louround juga mengungkapkan konsep baru dalam restaking: Token Restaking Likuid (LRT). LRT menyediakan likuiditas dan efisiensi modal bagi restaker di Eigen Layer. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan reward dari LST (4%) ditambah reward dari Eigen Layer dan potensi airdropnya.

Keberadaan LRT memberikan fleksibilitas dan likuiditas tambahan bagi pengguna yang terlibat dalam restaking. Ini menunjukkan evolusi dalam cara aset crypto dikelola dan dikapitalisasi.

Baca juga: Transaksi Layer-2 Menyumbang Sebesar 60% dari Semua Aktivitas Ethereum di Q3!

Proyek-Proyek Restaking Penting

Beberapa proyek penting telah mulai membangun narasi LRT. @restakefi, misalnya, baru saja meluncurkan $RSTK dan menunjukkan performa harga yang mengesankan. Selain itu, @KelpDAO dari @staderlabs telah menarik lebih dari $140 juta TVL.

Menurut cuitan dari @DeFi_Made_Here, @KelpDAO menjanjikan poin Eigen lebih banyak daripada LST lainnya. Ini menunjukkan betapa pentingnya LRT dalam ekosistem restaking.

Risiko dan Potensi

Meskipun restaking dan Eigen Layer menawarkan potensi besar, penting untuk mempertimbangkan risikonya. Seperti diungkapkan @DefiIgnas, risiko kontrak dan risiko sistemik yang meningkat perlu diperhatikan. Kebanyakan LRT belum hidup sepenuhnya, sehingga modal tetap terkunci.

Penting untuk memahami bahwa teknologi seperti LRT masih baru dan mungkin menghadapi risiko kontrak. Investor harus berhati-hati dan menginformasikan diri mereka sendiri sebelum terjun ke dalam investasi ini.

Secara keseluruhan, restaking di Eigen Layer mungkin menjadi salah satu narasi terbesar di tahun 2024. Meski berpotensi besar, penting bagi investor untuk memahami sepenuhnya dinamika dan risiko yang terlibat. Ini adalah kesempatan untuk terdepan dalam tren investasi crypto yang baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.