Mengapa Mayoritas Warga AS Menolak Mata Uang Digital Bank Sentral? Hasil Polling Mengejutkan!

Mengapa Mayoritas Warga AS Menolak Mata Uang Digital Bank Sentral? Hasil Polling Mengejutkan!

Polling terkini yang dilakukan oleh Cato Institute dan firma opini publik Yougov menunjukkan bahwa mayoritas Amerika merasa ragu untuk menerima central bank digital currency (CBDC).

Hasil temuan menunjukkan bahwa dukungan untuk CBDC masih relatif rendah di kalangan responden survei.

Sikap Amerika terhadap CBDC: Survei Mengungkap Keraguan

Pada akhir Mei 2023, Cato Institute, organisasi penelitian kebijakan publik, dan Yougov, firma opini publik dan data, mempublikasikan survei yang menggali sikap Amerika terhadap potensi pengenalan CBDC.

Dari tanggal 27 Februari hingga 8 Maret 2023, mereka melakukan polling terhadap 2,126 individu, menanyakan sikap mereka terhadap CBDC dalam berbagai situasi.

Baca Juga: Ketergantungan Dengan Minyak, Arab Saudi Siap Luncurkan CBDC Sebagai Solusi?

Misalnya, salah satu pertanyaan meminta partisipan untuk menentukan apakah mereka mendukung atau menentang CBDC yang dikeluarkan oleh pemerintah jika hal itu memungkinkan pemerintah untuk memantau semua pembelian.

Hanya 13% yang sepenuhnya mendukung jenis CBDC ini, sementara 68% sangat menentang. Sekitar 20% tidak yakin dan tidak menunjukkan preferensi yang jelas.

Keberatan Utama Responden terhadap CBDC

Majority of Americans Hesitant to Embrace Central Bank Digital Currency, Survey Finds
Bitcoin.com

Secara umum, jika CBDC tidak memiliki kriteria yang jelas, 34% warga Amerika menentang bank sentral AS meluncurkan CBDC dan 16% mendukung ide tersebut.

Menariknya, hampir setengah dari responden (49%) tidak memiliki opini yang jelas tentang masalah ini, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang konsep ini; pada kenyataannya, 72% responden mengaku tidak familiar dengan CBDC.

Ketika ditanya tentang kekhawatiran mereka mengenai potensi CBDC, 66% responden menyatakan kekhawatiran tentang kontrol pemerintah atas keuangan mereka, sementara pemantauan adalah kekhawatiran yang paling umum kedua.

Menatap ke depan, hanya 22% dari responden yang meyakini bahwa CBDC Amerika kemungkinan akan diluncurkan, sementara mayoritas (78%) tidak mengantisipasi perkembangan tersebut.

Baca Juga: Bank of America: CBDC Akan Merevolusi Sistem Keuangan Global

Majority of Americans Hesitant to Embrace Central Bank Digital Currency, Survey Finds
Bitcoin.com

Menariknya, sebagian besar Demokrat dan Independen tidak menyampaikan opini yang jelas tentang masalah ini. Di sisi lain, mayoritas Partai Republik sangat menentang pembuatan CBDC.

Berdasarkan survei, aspek yang paling menarik dari CBDC adalah kemampuannya untuk memerangi pencucian uang dan kejahatan keuangan.

Fitur paling menarik kedua adalah CBDC yang mendukung sistem kesejahteraan. Namun, sebanyak 76% responden lebih khawatir tentang risiko potensial yang terkait dengan CBDC daripada manfaat potensialnya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: