Resesi Ekonomi Inggris: Apa yang Terjadi dan Apa Dampaknya?

Resesi Ekonomi Inggris: Apa yang Terjadi dan Apa Dampaknya?

Ekonomi Inggris resmi jatuh ke jurang resesi pada kuartal keempat tahun 2023. Ini menandai dua kuartal berturut-turut kontraksi ekonomi, menurut angka awal dari Kantor Statistik Nasional (ONS) yang dirilis pada hari Kamis.

Produk domestik bruto (PDB) menyusut sebesar 0,3% pada periode Oktober-Desember. Penurunan ini lebih curam dari konsensus 0,1% yang diperkirakan oleh para ekonom. Penurunan ini mengikuti kontraksi 0,1% pada Q3, memenuhi definisi umum dari resesi teknis.

Resesi Teknis: Dua Kuartal Kontraksi Ekonomi

Resesi teknis terjadi ketika ekonomi mengalami dua kuartal berturut-turut pertumbuhan negatif. Inggris memenuhi definisi ini setelah PDB menyusut sebesar 0,3% pada kuartal keempat tahun 2023, menyusul kontraksi 0,1% pada kuartal ketiga. Penurunan ini disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk inflasi tinggi yang terus-menerus, kenaikan suku bunga, dan melemahnya permintaan global.

Baca Juga: eTukTuk: Crypto DePIN Ramah Lingkungan yang Berhasil Raih $1 Juta dalam Presale

Semua tiga sektor utama ekonomi Inggris, termasuk jasa, produksi, dan konstruksi, mengalami penurunan output pada Q4. Sektor jasa mengalami kontraksi sebesar 0,2%. Produksi turun 1%, sementara output konstruksi turun 1,3%. Untuk keseluruhan tahun 2023, PDB hanya tumbuh sebesar 0,1%. Pada bulan Desember, output menurun sebesar 0,1% bulan ke bulan.

Inflasi Tinggi: Penyebab Utama Resesi

inflasi dan crypto
Sumber: Shutterstock

Inflasi yang tinggi secara terus-menerus disebut sebagai penghambat pertumbuhan terbesar oleh Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt. Inflasi Inggris tetap jauh di atas target Bank of England sebesar 2%. Hal ini telah memaksa bank sentral untuk mempertahankan suku bunga tinggi, yang meredam aktivitas ekonomi.

Dengan inflasi yang diproyeksikan akan terus turun, yang berpotensi mengurangi tekanan biaya pada rumah tangga, Marcus Brookes, kepala investasi di Quilter Investors, memperkirakan ekonomi yang digerakkan oleh konsumen akan pulih dalam beberapa bulan mendatang.

Jadi, meskipun risiko tidak diragukan lagi tetap ada dalam bentuk inflasi dan aktivitas yang lemah, penurunan ke dalam resesi teknis tampaknya kecil. Dengan pendorong utama yang siap untuk pulih, ekonomi Inggris tampaknya siap untuk pemulihan yang teredam tahun ini.

Dampak Resesi terhadap Ekonomi Inggris

Resesi ekonomi Inggris diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap berbagai sektor dan masyarakat secara keseluruhan. Beberapa dampak yang dapat terjadi antara lain:

  • Penurunan Pendapatan: Resesi dapat menyebabkan penurunan pendapatan bagi banyak orang, karena perusahaan mungkin terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja atau mengurangi gaji karyawan.
  • Peningkatan Pengangguran: Resesi dapat menyebabkan peningkatan pengangguran, karena perusahaan mungkin terpaksa mengurangi jumlah karyawan mereka.
  • Penurunan Konsumsi: Resesi dapat menyebabkan penurunan konsumsi, karena orang-orang cenderung mengurangi pengeluaran mereka selama masa ekonomi yang sulit.
  • Penurunan Investasi: Resesi dapat menyebabkan penurunan investasi, karena perusahaan mungkin menunda atau membatalkan rencana investasi mereka.

Pemerintah Inggris Berupaya Atasi Resesi

Pemerintah Inggris telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi resesi ekonomi, termasuk:

Baca Juga: Waspada! Aplikasi Trust Wallet iOS Binance Diselidiki AS

  • Pemotongan Pajak: Pemerintah Inggris telah mengumumkan pemotongan pajak untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.
  • Peningkatan Belanja Publik: Pemerintah Inggris telah meningkatkan belanja publik untuk mendukung ekonomi.
  • Bantuan untuk Bisnis: Pemerintah Inggris telah memberikan bantuan keuangan untuk bisnis yang terkena dampak resesi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi