Masa Depan Staking Ethereum: Rencana Token EIGEN dan Airdrop oleh EigenLayer

Masa Depan Staking Ethereum: Rencana Token EIGEN dan Airdrop oleh EigenLayer

Jakarta, Pintu News – EigenLayer, protokol staking Ethereum yang baru-baru ini menghebohkan pasar dengan rencana luncuran token EIGEN, menawarkan kesempatan unik bagi pengguna untuk mengambil bagian dalam evolusi staking Ethereum.

Protokol ini memungkinkan pengguna untuk “restake” ETH mereka di berbagai blockchain, menciptakan peluang untuk mengamankan jaringan pihak ketiga sambil mendapatkan imbalan staking tambahan. Rencana airdrop EIGEN telah diumumkan dengan detail yang menarik perhatian banyak pihak karena inklusifitas dan eksklusifitasnya. Simak berita lengkapnya disini!

Luncuran Token dan Airdrop Eksklusif

EigenLayer berencana meluncurkan token EIGEN pada Mei dengan total pasokan 1.67 miliar token. Menariknya, 45% dari total token akan dialokasikan untuk komunitas melalui stakedrop, inisiatif komunitas, dan pengembangan ekosistem. Namun, ada pembatasan yang signifikan—pengguna di AS, Kanada, dan beberapa negara lain dilarang mengikuti airdrop ini karena peraturan setempat.

Stakedrop pertama, yang mencakup 5% dari pasokan token, akan dilakukan berdasarkan snapshot aktivitas staking pada 15 Maret 2024.

Ini memberikan peluang bagi para staker untuk mendapatkan bagian dari alokasi token berdasarkan durasi dan jumlah ETH yang mereka stake. Pada awalnya, token yang diklaim akan tidak dapat ditransfer untuk memastikan proses desentralisasi yang aman dan konsensus komunitas mengenai utilitas dan tata kelola token.

Baca Juga: EigenLayer Capai TVL $15 Miliar, Bagaimana Prospeknya?

Pembatasan Geografis dan Dampaknya

situs web resmi eigenlayer
Situs web resmi Eigenlayer. Sumber: Eigenlayer.

Airdrop EIGEN tidak akan tersedia bagi pengguna di beberapa negara termasuk AS dan Kanada, yang menimbulkan kekecewaan di kalangan potensial staker dan investor di wilayah tersebut.

Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran seputar peraturan yang ketat dan risiko hukum yang mungkin timbul. EigenLayer telah mengimplementasikan kontrol deteksi dan pemblokiran VPN untuk mencegah klaim yang melanggar kebijakan geo-lokasi ini.

Baca Juga: EigenLayer Rencanakan Model ‘Keamanan Bersama’ untuk dApps

Potensi dan Risiko

Peluncuran token EIGEN dan rencana airdrop oleh EigenLayer menunjukkan potensi signifikan untuk meningkatkan ekosistem staking Ethereum dengan memperkenalkan mekanisme yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk staker.

Namun, pembatasan geografis dan kebijakan eksklusif menimbulkan pertanyaan tentang aksesibilitas dan keadilan dari distribusi token.

Kesimpulan

Inisiatif EigenLayer menawarkan wawasan tentang masa depan staking dan pengoperasian dalam ekosistem Ethereum yang lebih luas. Meskipun ada tantangan dan pembatasan, peluncuran token EIGEN bisa menjadi langkah besar dalam evolusi staking Ethereum, menawarkan imbalan yang lebih besar dan kesempatan baru untuk para peserta ekosistem.

Bagaimanapun, penting bagi para calon partisipan untuk memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan airdrop untuk memastikan kepatuhan dan memaksimalkan potensi keuntungan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: