FTX: Kreditur Bisa Dapatkan Kembali 90% Aset di Tengah Kebangkrutan!

FTX: Kreditur Bisa Dapatkan Kembali 90% Aset di Tengah Kebangkrutan!

FTX, bursa pertukaran crypto yang bangkrut, telah merumuskan rencana baru yang bertujuan untuk mengembalikan lebih dari 90% aset kreditur yang disimpan di bursa sebelum kejatuhan mereka pada November 2022.

Rencana Pengembalian Aset Kreditur

Kelompok debitur yang bertanggung jawab atas proses kebangkrutan berencana untuk secara resmi mengajukan proposal ini ke Pengadilan Kebangkrutan AS pada 16 Desember 2023.

Menurut pernyataan yang dirilis pada hari Senin, “Debitur FTX memperkirakan bahwa pelanggan FTX.com dan FTX US akan menerima, secara kolektif, lebih dari 90% nilai yang dapat didistribusikan di seluruh dunia jika Rencana yang Diubah […] disetujui oleh Pengadilan Kebangkrutan pada akhir kuartal kedua 2024,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Dalam rencana yang diusulkan, aset pelanggan yang hilang akan dibagi menjadi tiga kolam yang berbeda berdasarkan keadaan pada awal kasus Bab 11. Kolam tersebut mencakup aset yang disisihkan untuk pelanggan FTX.com, aset untuk pelanggan FTX.US, dan “Kolam Umum” untuk aset lainnya.

Klaim Kekurangan dan Penyelesaian

update ftx
Sumber: Theverge

Pelanggan dengan jumlah penyelesaian preferensi kurang dari $250.000 akan dapat menerima penyelesaian tanpa pengurangan klaim atau pembayaran mereka. Penyelesaian preferensi didefinisikan sebagai 15% penarikan pelanggan di bursa 9 hari sebelum kejatuhan mereka.

Kreditur juga akan menerima “Klaim Kekurangan”—klaim untuk bagian kerugian yang tidak ditutupi oleh polis asuransi atau perjanjian kontrak lainnya—terhadap kolam umum, sesuai dengan nilai estimasi aset yang hilang di bursa.

Dampak pada Pelanggan FTX

Namun, “Debitur FTX saat ini mengantisipasi bahwa pelanggan dari kedua bursa tidak akan dibayar penuh, dengan kerugian persentase yang lebih besar oleh pelanggan FTX.com,” kata rencana yang diubah dari pemulihan pelanggan.

Penyelesaian kekurangan dirancang untuk menyelesaikan sengketa “dengan memberikan klaim pelanggan terhadap Debitur FTX yang, meskipun tidak terjamin, memiliki prioritas yang adil terhadap properti tertentu yang dipisahkan atau diambil dari bursa,” kata proposal tersebut.

Paragraf Penutup

Meski rencana baru ini seharusnya menguntungkan pelanggan bursa crypto yang bangkrut, ini akan mengecualikan para insider perusahaan, afiliasi, atau pelanggan yang mungkin memiliki pengetahuan tentang penggabungan dana antara FTX dan perusahaan perdagangan saudara Alameda Research.

Baca Juga: FTX Rilis Rencana Restrukturisasi: Rencana Reboot Bursa Offshore di Masa Depan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi