Ini Rencana Besar Ethereum 2024 yang Akan Guncang Dunia Crypto!

Ini Rencana Besar Ethereum 2024 yang Akan Guncang Dunia Crypto!

Apakah kamu siap untuk revolusi besar di dunia crypto pada tahun 2024? Vitalik Buterin, sang pendiri Ethereum, telah membagikan peta jalan yang akan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi blockchain. Dengan peningkatan yang menjanjikan dan inovasi yang memukau, mari kita selami apa saja yang akan terjadi di jaringan Ethereum tahun depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Transformasi Ethereum: Dari Merge ke Splurge

roadmap ethereum 2024
Sumber: Cryptoslate

Ethereum tidak berhenti berinovasi setelah Merge yang sukses. Tahun 2024 akan menjadi tahun dimana Ethereum melanjutkan perjalanannya dengan fokus pada enam komponen utama: Merge, Surge, Scourge, Verge, Purge, dan Splurge.

Merge telah berhasil mengintegrasikan Ethereum dengan blockchain proof-of-stake (PoS) Beacon Chain, menandai langkah besar dalam efisiensi energi. Kemudian, ada Surge yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transaksi hingga 100.000 per detik.

Ini akan menjadi tonggak penting dalam skalabilitas Ethereum, dengan peningkatan signifikan pada EIP-4844 dan rollups. Buterin juga menekankan pentingnya standar lintas rollup dan interoperabilitas sebagai area perbaikan jangka panjang.

Baca Juga: Apakah Ethereum Akan Melambung Tinggi atau Jatuh Terpuruk? Ini Analisisnya!

Penyempurnaan dan Persaingan di Pasar Crypto

Dengan adanya Scourge, Ethereum berupaya mengatasi risiko terkait nilai ekstraksi maksimal (MEV) dan pooling likuiditas. Ini adalah langkah penting untuk mengurangi sentralisasi ekonomi dalam ekosistem Ethereum.

Sementara itu, Verge akan memudahkan verifikasi blok dengan implementasi pohon Verkle dan teknologi SNARK. Purge akan menyederhanakan protokol dan mengurangi biaya partisipasi jaringan. Terakhir, Splurge akan menangani semua elemen penting lainnya untuk pertumbuhan Ethereum.

Dengan peningkatan ini, Ethereum diharapkan dapat mempertahankan dominasinya dan bersaing lebih kuat dengan rival seperti Solana, yang telah menunjukkan kinerja mengesankan dalam setahun terakhir.

Baca Juga: Apa itu ETF Ethereum?

Prospek Cerah Ethereum di Tahun 2024

Ethereum tidak hanya berfokus pada peningkatan teknis, tetapi juga pada pertumbuhan ekosistemnya. Dengan peningkatan seperti EIP-4844 yang diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi secara signifikan, Ethereum berpotensi menjadi lebih kompetitif.

Ini dapat memperkuat posisinya di pasar crypto, terutama dengan pertumbuhan volume NFT dan nilai total yang terkunci (TVL) yang mengesankan. Selain itu, dengan adopsi ERC-4337 dan ERC-6900, pengguna akan menikmati pengalaman pengguna yang lebih baik dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan login sosial yang aman.

Ini semua menunjukkan bahwa Ethereum tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam menghadapi persaingan yang ketat di industri crypto.

Kesimpulan

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang menentukan bagi Ethereum dan penggemar crypto. Dengan serangkaian peningkatan yang dijadwalkan dan potensi pertumbuhan yang besar, Ethereum siap untuk tidak hanya bertahan tetapi juga memimpin dalam revolusi blockchain. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menjadi bagian dari masa depan yang menjanjikan ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: