Rekor Baru! Transaksi NFT Bitcoin Tembus Angka Fantastis di Desember 2023

Rekor Baru! Transaksi NFT Bitcoin Tembus Angka Fantastis di Desember 2023

Desember 2023 menjadi saksi bisu terciptanya sejarah baru dalam dunia crypto, di mana penjualan Non-Fungible Token (NFT) di blockchain Bitcoin mencapai angka yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan total transaksi mencapai $881 juta, pasar NFT Bitcoin menunjukkan potensi yang luar biasa. Apa yang membuat bulan ini begitu spesial dan apa yang bisa kamu harapkan ke depannya?

Lonjakan Transaksi NFT Bitcoin

Desember lalu, penjualan NFT di blockchain Bitcoin mencapai puncaknya dengan total mencengangkan sebesar $881.223.753,92. Ini merupakan rekor penjualan bulanan tertinggi yang pernah ada untuk NFT. Dengan 111.713 alamat pembeli dan 98.744 alamat penjual terlibat, pasar NFT Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Bukan hanya jumlah transaksi yang meningkat, tetapi juga nilai transaksi yang tercatat.

NFT Bitcoin, yang dikenal sebagai Ordinals, unik karena terukir langsung pada satoshi, unit terkecil dari Bitcoin. Ini menandai era baru di mana Bitcoin tidak hanya dianggap sebagai mata uang digital, tetapi juga sebagai platform untuk aset digital yang unik dan berharga.

Baca Juga: 10 Penjualan NFT Termahal di 2023: Dari Bored Apes hingga CryptoPunks!

Bitcoin vs Ethereum dan Solana

analisa btc vs eth vs sol
Sumber: Akun X Ali Charts

Meskipun Ethereum selama ini dikenal sebagai rumah bagi NFT, Bitcoin berhasil melampaui dengan penjualan NFT yang jauh lebih tinggi. Di bulan yang sama, Ethereum hanya mencatat penjualan sebesar $364,79 juta. Ini menunjukkan bahwa penjualan NFT berfokus pada Bitcoin lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan Ethereum.

Solana, yang menempati posisi ketiga, juga mencatat peningkatan penjualan NFT yang signifikan. Namun, dengan total penjualan sekitar $325,14 juta, Solana masih tertinggal jauh dari pencapaian Bitcoin. Kedua blockchain ini, bersama dengan Polygon dan Arbitrum, menjadi pemain utama di pasar NFT, tetapi Bitcoin tetap mendominasi dengan angka penjualan yang mengesankan.

Baca Juga: Frame Network: Solusi Layer 2 Bagi Pencinta NFT, Bagi-Bagi Airdrop Gratis!

Prospek Januari dan Reaksi Komunitas

Meskipun Desember menunjukkan angka yang mengesankan, analis pasar crypto memprediksi bahwa Januari mungkin akan mengalami koreksi. Sejarah menunjukkan bahwa kinerja kuat Bitcoin di kuartal terakhir sering diikuti dengan penurunan di bulan Januari. Analis crypto Ali Martinez menekankan pentingnya zona pasokan kritis yang akan menentukan arah harga Bitcoin ke depan.

Di sisi lain, komunitas crypto memberikan reaksi yang bercampur terhadap pernyataan pengembang Bitcoin Core, Luke Dashjr, yang mengkritik protokol Ordinals. Sebagian besar penambang lebih memilih untuk menambang transaksi dengan “inscriptions” karena lebih masuk akal secara ekonomi, menunjukkan bahwa inovasi di blockchain Bitcoin masih akan terus berkembang.

Kesimpulan

Penjualan NFT di blockchain Bitcoin telah mencatatkan rekor baru yang mengejutkan dunia crypto di bulan Desember 2023. Dengan pertumbuhan yang signifikan dan reaksi pasar yang dinamis, masa depan NFT di blockchain Bitcoin tampaknya akan terus menarik perhatian. Apakah tren ini akan berlanjut atau akan ada perubahan arah, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: